Pengembangan Buku Saku Bentuk Elektronik Berbasis Mind Mapping pada Materi Laju Reaksi

Sanjangi Ailillah, Eka Junaidi, Aliefman Hakim, Saprizal Hadisaputra

Abstract

 

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Validtas dari buku saku elektronik berbasis mind mapping pada materi laju reaksi kelas XI MIPA yang dikembangkan. (2) Kepraktisan dari buku saku elektronik berbasis mind mapping pada materi laju rekasi kelas XI MIPA yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah 4D (define, design, develop, dissemination). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Utan dengan sampel sebanyak 20 orang secara acak yang kemudian dijadikan responden untuk uji coba terbatas terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,73 dengan kategori valid dan menunjukkan bahwa buku saku bentuk elektronik berbasis mind mapping yang dikembangkan layak digunakan. Kepraktisan buku saku bentuk elektronik berbasis mind mapping yang dikembangkan dapat dilihat dari respon siswa dengan rata-rata kepraktisan sebesar 88,95% dengan kategori sangat praktis dan menunjukkan bahwa buku saku bentuk elektronik berbasis mind mapping yang dikembangkan sangat praktis digunakan. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa buku saku bentuk elektronik berbasis mind mapping pada materi laju reaksi kelas XI MIPA yang dikembangkan bersifat valid dan sangat praktis untuk digunakan.

 

Keywords

Pengembangan, buku saku elektronik, mind mapping, laju reaksi

Full Text:

PDF

References

Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85- 92.

Arumdyahsari, S., Hs, W., & Susanto, G. (2016). Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) tingkat madya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 828-834.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13.

Firdaus, H. A. (2019). Pengembangan Aplikasi Buku Saku Digital Berbasis AndroidSebagai Media Pembelajaran Mobile Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Bagi Siswa Kelas X TKJ di SMKN 1 Sidayu Gresik. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 3(02), 121- 138.

Harini, L. P. I., & Oka, T. B. (2016). Penggunaan Mind Map dalam Pembuktian Matematika. Jurnal Matematika, 6(1), 56-67.

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru Dan Siswa. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(2), 289-295.

Nurmala, R., Izzatin, M., & Mucti, A. (2019). Desain Pengembangan Buku Saku Digital Matematika SMP Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkarkan Minat Belajar Siwa. Edukasia:Jurnal Pendidikan, 6(2), 4-17.

Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sapo, A., Anas, M., & Tahang, L. (2020). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran IPA Berbasis Levels of Inquiry untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Tingkat SMP/MTs. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 35-45.

Sholihah, A., Laksmiwati, D., & Haris, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Prestasi Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 24-29.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung :Alfabeta.

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Julita, A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (BIOMAP). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 86-98.

Syahroni, M., Nurrochmah, S., & Amiq, F. (2016). Pengembangan buku saku elektronik berbasis android tentang signal-signal wasit futsal untuk wasit futsal di kabupaten pasuruan. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(2), 304-317.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana Preda Media Grup.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.