Pengengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing Berpendekatan Nested untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Laju Reaksi

Authors

Mustainah Isnaini , Bertha Yonata

DOI:

10.29303/cep.v4i2.2334

Published:

2021-08-14

Issue:

Vol. 4 No. 2 (2021): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan dalam rangka ulang tahun CEP yang ke 4

Articles

Downloads

How to Cite

Isnaini, M., & Yonata, B. (2021). Pengengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing Berpendekatan Nested untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 4(2), 153–159. https://doi.org/10.29303/cep.v4i2.2334

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD inkuiri berpendekatan nested dalam rangka melatih keterapilan proses sains siswa. Metode yang digunakan adalah desain pengebangan 4-D dilakukan sampai tahap pengembangan. Uji coba LKPD dibatasi pada 12 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Sidayu yang belum mendapatkan materi laju reaksi. Instruen yang digunakan terdiri dari lembar tes (pretest dan posttest) keterampilan proses sains (KPS), tes ranah pengetahuan, telaah, validasi, aktivitas dan angket respon. Pengembangan LKPD ini dinyatakan layak digunakan karena hasil penelitian diperoleh nilai validasi ââ°Â¥61% dan nilai yang diperoleh siswa ââ°Â¥75 sesuai kriteria ketuntasan minimal sekolah. Presentase validasi kriteria isi 86,3%, kesesuaian dengan inkuiri 80%, kesesuaian dengan komponen keterampilan proses sains 80%, bahasa 90,7%, dan grafis 90,7% kategori valid secara teoritis dan empiris. Respon peserta didik menunjukkan respon positif dengan persen rata-rata 93% kriteria sangat merespon. LKPD yang dikembangkan efektif digunakan karena tes keterampilan proses sains (KPS) diperoleh n-gain skor sebesar 0,84 kategori sangat tinggi. Hal terrsebut didukung dengan hasil tes pengetahuan diperoleh nilai rata-rata yang diperoleh ââ°Â¥75 yang berarti sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sekolah. Kata Kunci: LKPD, Inkuiri, Nested, Keterapilan Proses Sains, Laju Reaksi

References

Aftriani, D. N., Muntari, M., Haris, M., & Anwar, Y. A. S. (2019). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing pada pelajaran kimia terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram. Chemistry education practice, 1(2), 1-6.

Arends, I. R. 2012. Learning to Teach 9th Ed. New York: Mc Graw Hill.

Ariani, S., Effendy, E., & Suharti, S. (2020). Model Mental Mahasiswa Pada Fenomena Penghilangan Karat Melalui Elektrolisis. Chemistry Education Practice, 3(2), 55-62.

BNSP. 2010. Paradigma Pendidikan Abad XXI. Jakarta: BNSP.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

Fogarty, Robin. 1991. The Mindful School: How to Integrate The Curricula. Palatine: IRI/Skylight Publishing.

Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Permendikbud. 2012. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud. 2020. Regulation of the Minister of Education Number 719 : KI Dan KD Esensial. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.

Prastowo, Andi. 2011. 53 Journal of Chemical Information and Modeling Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Rustaman, N. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Santrok, John W. 2014. Psikologi Pendidikan Edisi5. Jakarta: Salemba Humanika.

Semiawan, Conny. 1990. Pendekatan Keterampilan Proses.Jakarta:Gramedia.

Sudarwan, Danim. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta Bandung.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Yulita, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Asam Basa Kelas XI SMAN 3 Lamongan. UNESA Journal of Chemical Education, 9(2).

Author Biographies

Mustainah Isnaini, Universitas Negeri Surabaya

Bertha Yonata, Universitas Negeri Surabaya

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).