Pengembangan LKPD Inkuiri Berpendekatan Nested Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi
DOI:
10.29303/cep.v4i1.2274Published:
2021-05-29Issue:
Vol. 4 No. 1 (2021): Edisi MeiArticles
Downloads
Additional Files
- Hasil Angket Respon Peserta Didik dan Aktivitas Peserta Didik
- Hasil Validasi LKPD
- Nilai Tes Hasil Pengetahuan dan Keterampilan Berpikir Kritis
- Lembar Validasi
- Angket Respon Peserta Didik
- Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik
- Posttest Pengetahuan
- Pretest dan Posttest Keterampilan Berpikir Kritis
- Lembar Telaah
How to Cite
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD inkuiri terbimbing berpendekatan nested untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi laju reaksi. Desain penelitian pengembangan menggunakan metode 4D meliputi, pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun, penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan (develop) saja dan dilakukan uji coba terbatas kepada 12 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Pamekasan. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar telaah, lembar validasi, angket respon peserta didik yang didukung dengan lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar tes hasil belajar pengetahuan, dan lembar tes hasil belajar keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak digunakan dengan hasil validasi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan mendapatkan presentase sebesar 90%, 86%, 90%, 86% dalam kategori sangat valid. Respon peserta didik menunjukkan respon positif didukung dengan aktivitas peserta didik yang relevan. LKPD ini memenuhi kriteria keefektifan dengan presentase ketuntasan hasil belajar pengetahuan peserta didik sebesar 100% dan nilai rata-rata sebesar 93 yang telah melebihi KKM. N-gain skor keterampilan berpikir kritis yang diperoleh sebesar 0,91 dalam kategori tinggi. Hasil rata-rata indikator keterampilan berpikir kritis yang diperoleh yaitu interpretasi 97%, inferensi 92%, analisis 93%, dan ekplanasi 93% dalam kategori sangat tinggi.
References
Apriyana, N., Herlina, K., & Abdurrahman. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(7), 92ââ¬â96.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition (B. Mejia (ed.); ninth, Vol. 7, Issue 2).
Basuki, B. B., & Novita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Pendekatan Nested untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA pada Materi Laju Reaksi. Unesa Journal, 8(2), 250ââ¬â258.
Belawati. (2020). Buku Pembelajaran Online. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
BSNP. (2014). Penilaian Buku Teks Pelajaran Untuk Siswa SMA/MA. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Damaianti, O., Mawardi, M., & Oktavia, B. (2019). Development of guided inquiry-based worksheets on colloidal material for chemistry learning grade XI in senior high school. International Jurnal of Progressive Sciences and Technologies (IJIPSAT), 14(1), 13ââ¬â19.
Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
Facione, P. a. (2011). Critical Thinking : What It Is and Why It Counts. In Insight assessment (Issue ISBN 13: 978-1-891557-07-1.). California Academic Press.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26ââ¬â40.
Hake, R. (1998). Interactive Engagment Versus Tradisional Methods. A Six Thousand Student Survey of Mecanics Test Dta for Introductory Physics Courses. American Journal Physics, 64ââ¬â74.
Handarini, O. I. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Civid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3). https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Harjono, A., Gunawan, & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 9ââ¬â14.
Kemendikbud. (2020). Penyesuaian Kebijakan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniawan, T. D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Trihayu: Jurnal Pendidikan, 3(1), 21ââ¬â26.
Kusuma, R. M., Wahidin, & Gloria, R. Y. (2015). Penerapan Pembelajaran Terpadu Tipe Nested (Tersarang) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Pada Konsep Ekosistem Di Kelas X Sma Negeri 5 Kota Cirebon. Scientiae Educatia, 5(2), 1ââ¬â17.
Munfaricha, F., & Ismono. (2019). Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa pada Sub Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Unesa Journal, 53(9), 187ââ¬â193.
Mustain, I. (2015). Kemampuan Membaca dan Interpretasi Grafik dan Data: Studi Kasus pada Siswa Kelas 8 SMPN. Scientiae Educatia, 5(2). www.syekhnurjati.ac.id
Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizmania Learning Center. Nizamia Learning Center.
OECD. (2018). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Columbia University.
Prasetyowati, E. N., & Suyatno. (2016). Peningkatan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia (JKPK), 1(1), 67ââ¬â74.
Prastowo. (2012). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik. 9ââ¬â28.
Rakhmawati, P., & Siregar, A. (2020). Pembelajaran Berbasis Google Classroom, Google Meet dan Zoom Guru SMP Negeri 2 Batubara. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 410ââ¬â416. https://doi.org/10.37729/autotech.v15i2.528
Riduwan. (2015). Dasar-dasar Statistika. In Alfabeta.
Safira, N. (2019). Berpikir Kritis Dalam Keperawatan (Issue August). https://doi.org/10.31219/osf.io/7dakf
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Salemba Humanika.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang 2016, 605ââ¬â612.
Sutama, I. N., Arnyana, M., & Swasta, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Pada Pelajaran Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263ââ¬â278.
Author Biographies
Noera Wahdaniyah, Universitas Negeri Surabaya
Bertha Yonata, Universitas Negeri Surabaya
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).