Efektivitas Penggunaan Aplikasi Whatsapp Group dalam Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Terhadap Minat Belajar Siswa

Tsaqifa Hanif Yonifirnandita, Aliefman Hakim, Yunita Arian Sani Anwar, Muntari Muntari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi WhatsApp Group terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI MIPA yang terbagi dalam 8 kelas, sedangkan sampelnya adalah 57 siswa yang diambil secara purposive. Data diambil melalui angket minat belajar siswa yang terdiri dari 4 indikator penilaian, yaitu: 1) perasaan senang; 2) ketertarikan; 3) perhatian siswa; dan 4) keterlibatan siswa. Hasil penelitian diukur dengan menggunakan uji persentase dengan rata-rata persentase sebesar 66.40% dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi WhatsApp Group efektif digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) terhadap minat belajar siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung dan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran jarak jauh khususnya di masa pandemi COVID-19.

Keywords

Efektivitas, Minat belajar, PJJ, WhatsApp Group

Full Text:

PDF

References

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII (7/I), 6.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Guruan Edisi 2. Jakarta: BumiAksara.

Jumiatmoko, M. (2016). Whatsapp messenger dalam tinjauan manfaat dan adab. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 3(1), 51-66.

Kamila, H. P. (2019). Pengaruh pemanfaatan media sosial whatsapp terhadap motivasi belajar bahasa indonesia di smp islam al wahab jakarta tahun pelajaran 2018/2019 (Bachelor's thesis).

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas penggunaan media online dalam meningkatkan hasil belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi saat awal pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan ekonomi Indonesia, 1(2).

Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Analisis pengaruh penggunaan internet terhadap minat belajar mahasiswa (studi kasus: perguruan tinggi di Kota Palembang). JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 3(2), 104-115.

Pranajaya, P., & Wicaksono, H. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp (Wa) Di Kalangan Pelajar: Studi Kasus Di Mts Al Muddatsiriyah Dan Mts Jakarta Pusat. Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial, 14(1).

Prasetyo, T., & Zulela, M. S. (2021). Proses Pembelajaran Daring Guru Menggunakan Aplikasi Whatsapp Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 138-150.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup whatsapp sebagai media pembelajaran. Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53-62. Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Putriandewi, I. S. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa dalam Pembelajaran Seni Tari di SD N Randusari Kotagede Yogyakarta.

Riadil, I. G., Nuraeni, M., Prakoso, Y. M., & Yosintha, R. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89-110.

Sugihartono. (2007). Psikologi Keguruan. Yogyakarta: UNY Pers.

Sugiyono. (2016). StatistikauntukPenelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Guruan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). TeoriBelajar DanPembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: KencanaPrenada Media Group

Trisnani, T. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 6(3), 1-12.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.