Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Minat dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Struktur Atom

Authors

Rachmawati Rachmawati , Yunita Arian Sani Anwar , Eka Junaidi , Saprizal Hadisaputra

DOI:

10.29303/cep.v6i1.3616

Published:

2023-05-31

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Keywords:

Pembelajaran daring, hasil belajar, minat belajar

Articles

How to Cite

Rachmawati, R., Anwar, Y. A. S. ., Junaidi, E. ., & Hadisaputra, S. (2023). Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Minat dan Hasil Belajar Pada Pokok Bahasan Struktur Atom . Chemistry Education Practice, 6(1), 65–71. https://doi.org/10.29303/cep.v6i1.3616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pembelajaran daring terhadap minat dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur atom kelas X SMA Negeri 1 Gunungsari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Gunungsari yang terdiri dari 4 kelas yang telah mengikuti pembelajaran kimia secara daring yang berjumlah 133. Sampel diambil secara random, sejumlah 100 siswa dari setiap kelas. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar kimia siswa, hasil angket dan wawancara. Analisis secara deskriptif data yang diperoleh memberikan hasil belajar siswa dan minat belajar terhadap penerapan pembelajarn daring termasuk kategori sangat baik. Hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal mencapai 73% dan sebagian besar hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu sebesar 43%. Hasil penelitian minat belajar tercapai dengan hasil persentase kategori berminat sebesar 78%, adapun indikator perasaan senang memperoleh hasil persentase sebesar 78%, indikator perhatian dalam belajar memperoleh hasil persentase sebesar 77%, indikator ketertarikan memperoleh hasil persentase sebesar 79%, dan indikator keterlibatan memperoleh hasil persentase sebesar 49%.

References

Ahmad, I. F. (2020). Alternative assessment in distance learning in emergencies spread of coronavirus disease (Covid-19) in Indonesia. Jurnal Pedagogik, 7(01), 195-222.

Asih, A., & Imami, A. I. (2021). ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 799-808.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis efektifitas pembelajaran daring dalam menghadapi wabah pandemi covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.

Damayanthi, A. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada perguruan tinggi keagamaan katolik. Edutech, 19(3), 189-210.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.

Hamalik, O. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bumi Aksara. Bandung.

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78-86.

Hootsuite and We Are Social. (2020). Digital in 2020: Essential Insights into Internet, Social Media, Mobile, and Ecommerce Use in Indonesia.

Iftakhar, S. (2016). Google classroom: what works and how. Journal of Education and Social Sciences, 3(1), 12-18.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150-167.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis efektivitas pelaksanaan belajar dari rumah (BDR) selama pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 246-253.

Lestariyanti, E. (2020). Mini-Review Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19: Keuntungan Dan Tantangan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1).

Marthin, F., & Duling, J. R. (2020). HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN. Steam Engineering, 1(2), 71-77.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Pusdiklat Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020

Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1 9) - Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Https://Pusdiklat.Kemdikbud.Go.Id/.

Putri, Y. P. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas X SMA At-Taubah pada Materi SLPTV dengan Metode Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2934-2940.

Rofiqah, T., & Sunaini, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas X Sma Integral Hidayatulah Batam. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1).

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214-224.

Sukitman, T., Yazid, A., & Mas' odi, M. (2020, September). Peran guru pada masa pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Sumartini, A., & Fitri, A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tulis Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 179-186.

Wicaksono, A. D. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Menggunakan Alat-Alat Ukur. E-Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif-S1, 15(2).

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.

Author Biographies

Rachmawati Rachmawati, Universitas Mataram

Yunita Arian Sani Anwar, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia

License

Copyright (c) 2023 Rachmawati Rachmawati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.