Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Prestasi Belajar Kimia
Authors
Alfiatus Sholihah , Dwi Laksmiwati , Mukhtar HarisDOI:
10.29303/cep.v2i1.1129Published:
2019-05-24Issue:
Vol. 2 No. 1 (2019): MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar kimia materi laju reaksi pada siswa kelas XI SMKN 3 Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain posttest only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan sampel kelas XI TGB-A dan XI TGB-B. Kelas XI TGB-A terpilih sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah, dan kelas XI TGB-B terpilih sebagai kelas kontrol diajar menggunakan pembelajaran konvensional (ceramah). Data prestasi belajar dikumpulkan dari hasil posttest setelah siswa memperoleh materi pelajaran laju reaksi. Hasil posttest menunjukkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 83,23 dan kelas kontrol sebesar 77,38. Hasil uji normalitas diperoleh Ãâ¡2hitung (9,20 untuk kelas eksperimen dan 9,24 untuk kelas kontrol) < Ãâ¡2tabel (11,07) yang berarti data posttest pada kedua kelas terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas diperoleh FhitungÃÂ (1,38) < Ftabel (1,84) yang berarti varians kedua kelas homogen. Kemudian dilakukan uji hipotesis parametris uji-t diperoleh thitung ÃÂ (1,47) < ttabel ÃÂ (1,64) pada taraf signifikan 5% sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, yaitu pembelajaran berbasis masalah tidak berpengaruh lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar kimia materi laju reaksi pada siswa kelas XI SMKN 3 Mataram.
References
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan Ed. Revisi, Cet. 9. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik Ed. Revisi, Cet.14. jakarta: Rineka Cipta.
Baron, Leora. 2003. Problem Based Learning (http://[email protected] u/atresourcesttqt.html)
Copriady,Jimmi. 2014. Penerapan SPBM yang Diintegrasikan Dengan Program Exe Learning Terhadap Motivasi Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Pendidikan FKIP Universitas Riau: 95-105.
Daryanto. 2013. Model dan Tahapan Mengajar: Bekal Keterampilan Mengajar Bagi Guru. Cet. 1. Bandung:Yrama Widya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2012.
Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Erawati, Emi dan Dyah Saptarini.
Kimia 2 SMK Kelas
XI. Jakarta: Yudhistira.
Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta pada Murid. Jogjakarta: DIVA Press.
Harahap, Nasrun. 1979. Teknik Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Bulan Bintang.
Hasni, Diyah Rauhillah. 2010.
Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Konsep Laju Reaksi. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Isjoni dan Isnail. 2008. Model-model Pebelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Jufri, w. 2013. Belajar dan Pebelajaran sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta
Ladyshewsky, Richard K; Barrie, Simon D; Drake, Vaile M; Sanders, Babette S. 1998. A Comparison of Productivity and Learning Outcome In Individual And Cooperative Physical Therapy Clinical Education Models/Commentary/Response. Physical Therapy 78(12): 1288
Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Purkatakarya
Nur, Mohamad. 2006. Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: LPMP Ditjen PMPTK Depdiknas
Permendiknas.2006.Peraturan
Menteri Pendidikan
Nasional 22 Tahun 2006
Tentang Kelompok Mata Pelajaran SMK. Jakarta: Permendiknas.
Rusmono. 2012. Model Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu: Untuk Meningkatkan
Profesionalitas Guru. Cet. 2. Bogor: Ghalia Indonesia
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Silaban, Bajongga. 2003. Implikasi Konstruktivis Terhadap Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Uda: 6-10.
Smith, Patricia L. dan Tillman J Ragan. 1993. Intructional Design. New York: Macmillan Publishing Company.
Suardana, I. 2006. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja. No 4 TH XXXIX Oktober 2006, ISSN 0215 ââ¬â
Subana., Moersetyo, R dan Sudrajat.
Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Surjono, Herman Dwi dan Bekti
Wulandari. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Plc Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta Vol 3, No. 2, hlm 178-191.
Suyanti, Retno Dwi. 2010. Model Pembelajaran Kimia. Cet. 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Triatno. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inoatif Progresif. Jakarta: kencana Prenada Media Grup
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2008. Pengantar Statistika. Cet.2. Jakarta: Bumi Aksara.
Wasonowati, Ratna Rosidah Tri. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 3(3) 66-75.
License
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).