Validitas, Kepraktisan dan Efektifitas Modul Praktikum Kimia Komputasi untuk Uji Inhibisi Korosi dari Senyawa Bahan Alam
Authors
Radayatun Hasanah , Mukhtar Haris , Saprizal HadisaputraDOI:
10.29303/cep.v6i1.3480Published:
2023-05-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023Keywords:
pengembangan, modul praktikum, kimia komputasi, inhibitor korosiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Telah dilakukan penelitian pengembangan terhadap modul praktikum kimia untuk uji inhibisi korosi dari purin dan turunannya menggunakan pendekatan kimia komputasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul praktikum yang berkategiri validitas, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan modul praktikum menggunakan model Borg & Gall. Model ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Uji validitias dilakukan oleh ahli dan untuk uji kepraktisan dan efektivitas modul. Populasi pada penelitian ini terdiri dari 80 mahasiswa calon guru di Universitas Mataram yang telah lulus mata kuliah Kimia Komputasi dan Kimia Fisika 2. Sampel penelitian yaitu 30 mahasiswa calon guru yang diambil dengan teknik sampling acak untuk dijadikan sebagai responden pada uji coba terbatas. Rata-rata nilai validitas oleh tiga validator dengan menggunakan indeks Aiken sebesar V = 0,85 yang menandakan bahwa modul praktikum kimia yang dikembangkan berkategori yang sangat valid. Hasil uji kepraktisan modul menunjukkan bahwa mahasiswa memberikan respon positif terhadap semua komponen modul dengan rata-rata kepraktisan sebesar 86%. Efektifitas modul dapat dilihat dari skor hasil belajar mahasiswa dengan rata-rata sebesar 80,33, yang menunjukkan bahwa modul praktikum kimia yang dikembangkan telah efektif. Kesimpulannya adalah modul praktikum kimia yang dikembangkan telah sangat valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
References
Al Idrus, S. W., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Lingkungan Berbasis Green Chemistry Pada Mata Kuliah Kimia Lngkungan. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 541-547.
Arifani, D. Y. M., Savalas, L. R. T., Ananto, A. D., Junaidi, E., & Hadisaputra, S. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Kimia Komputasi Pada Materi Asam Basa. Prosiding SAINTEK, 3, 660-666.
Azmi, S., Savalas, L. R. T., Haris, M., & Hadisaputra, S. (2022, August). Developing computational chemistry laboratory work module for dye-sensitized solar cells. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2638, No. 1, p. 090003). AIP Publishing LLC.
Burhanuddin, B., Andayani, Y., Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Hakim, A. (2022). Pengelolaan Laboratorium Kimia Sekolah Di Kota Mataram. Jurnal Pengabdian Inovasi Masyarakat Indonesia, 1(1), 43-46.
Hadisaputra, S., Iskandar, Z., & Asnawati, D. (2019). Prediction of the Corrosion Inhibition Efficiency of Imidazole Derivatives: A Quantum Chemical Study. Acta Chimica Asiana, 2(1), 88-94.
Hadisaputra, S., Purwoko, A. A., Hamdiani, S., & Nuryono, N. (2019, April). Which anthocyanin is the best corrosion inhibitor?. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 509, No. 1, p. 012129). IOP Publishing.
Hadisaputra, S., Purwoko, A. A., Rahmawati, R., Asnawati, D., Ilhamsyah, I., Hamdiani, S., & Nuryono, N. (2019). Experimental and Theoretical Studies of (2R)-5-hydroxy-7methoxy-2-phenyl-2, 3-dihydrochromen-4-one as corrosion inhibitor for Iron in Hydrochloric Acid. International Journal of Electrochemical Science, 14(2019), 11110-11121.
Hadisaputra, S., Savalas, L. R. T., & Hamdiani, S. (2017). Praktikum kimia berbasis kimia komputasi untuk sekolah menengah atas. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Haryono, G., Sugiantoro, B., Farid, H., & Tanoto, Y. (2010). Ekstrak bahan alam sebagai inhibitor korosi. Ekstrak Bahan Alam sebagai Inhibitor Korosi.
Junaidi, E., Hadisaputra, S., & Al Idrus, S. W. (2018). Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Lombok Barat Indonesia. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 24-31.
Kusuma, B. F. R., Hakim, A., Anwar, Y. A. S., & Junaidi, E. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Mandiri Terintegrasi Green Chemistry Pada Pokok Bahasan Asam Basa. Chemistry Education Practice, 4(3), 250-255.
Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan, J. (2018). Pengembangan modul praktikum kimia berbasis problem based learning untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.
Meliyani, M., Rohmadi, H. M., & Nirmalasari, R. (2022). Requirement analysis of development of integrated islamic values laboratory worksheets using flip PDF professional applications in general biology courses. Jurnal Pijar Mipa, 17(1), 46-50.
Mulatsari, E., Mumpuni, E., Nurhidayati, L., Purwanggana, A., & Pratami, D. K. (2021). Pelatihan Visualisasi Molekul Kimia dengan Software Chemsketch untuk Siswa Tingkat Sekolah Menengah Atas. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 102-112.
Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., ...& Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46-55.
Pranowo, H. D., & Hetadi, A. K. R. (2011). Pengantar Kimia Komputasi. Penerbit Lubuk Agung, Bandung, 1-118.
Prianto, B. (2010). Pemodelan kimia komputasi. Berita Dirgantara, 8(1).
Rahayu, C., & Eliyarti, E. (2019). Deskripsi efektivitas kegiatan praktikum dalam perkuliahan kimia dasar mahasiswa teknik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 7(2), 51-60.
Revie, R. W. (2008). Corrosion and corrosion control: an introduction to corrosion science and engineering. John Wiley & Sons.
Rosmalinda, D., Rusdi, M., & Hariyadi, B. (2013). Pengembangan modul praktikum kimia SMA berbasis PBL (Problem Based Learning). Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2).
Scendo, M. (2007). Corrosion inhibition of copper by purine or adenine in sulphate solutions. Corrosion Science, 49(10), 3953-3968.
Shreir, L. L. (Ed.). (2013). Corrosion: corrosion control. Newnes.
Sidiq, M. F. (2013). Analisa korosi dan pengendaliannya. Jurnal foundry
Wardani, N. K. M. S., Siahaan, J., Rahmawati, R., & Hadisaputra, S. (2022). Analisis Spektra UV-Visible Senyawa Bahan Alam Tersensitasi Zat Warna: Pengembangan Modul Praktikum Kimia Komputasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education), 4(1), 66-73.
Wati, R., Hadisaputra, S., Asnawati, D., & Hermanto, D. (2018). Protection of copper corrosion in acidic medium using pinostrobin. Acta Chimica Asiana, 1(2), 50-56.
Yan, Y., Wang, X., Zhang, Y., Wang, P., & Zhang, J. (2013). Theoretical evaluation of inhibition performance of purine corrosion inhibitors. Molecular Simulation, 39(13), 1034-1041.
License
Copyright (c) 2023 Radayatun Hasanah, Mukhtar Haris, Saprizal Hadisaputra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).