Identifikasi Miskonsepsi Dalam Meyelesaikan Soal Kimia Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi
DOI:
10.29303/cep.v5i2.2503Published:
2022-11-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi NovemberKeywords:
Identifikasi kesalahan, reaksi reduksi oksidasi, indikator kesalahan NewmanArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik dalam menyelesaikan soal essay, mendeskripsikan faktor penyebab miskonsepsi peserta didik, mengetahui letak miskonsepsi yang dialami peserta didik dalam menjawab soal pada materi reaksi reduksi oksidasi, dan mendeskripsikan tingkat miskonsepsi untuk setiap jenis kesalahan Newman yang dilakukan oleh peserta didik kelas X SMA 1 Kediri tahun pelajaran 2019/2020 dalam menyelesaikan soal essay materi kimia reaksi reduksi oksidasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara kemudian dianalisis dan diidentifikasi mengunakan prosedur Newman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan peserta didik terjadi pada semua tahap yang dikemukakan oleh Newman. Pada tahap Reading Errors persentase kesalahan peserta didik adalah 8,33 % dengan tingkat kesalahan rendah, pada tahap Comprehension Errors persentase kesalahan peserta didik adalah dengan tingkat kesalahan rendah, pada tahap Transformation Errors persentase kesalahan peserta didik adalah dengan tingkat kesalahan rendah, pada tahap Process Skill Errors persentase kesalahan peserta didik adalah dengan tingkat kesalahan sedang, dan pada tahap Encoding Errors persentase kesalahan peserta didik adalah dengan kategori kesalahan sangat rendah. Faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan pada setiap tahap Newman adalah peserta didik kurang teliti, tergesa-gesa, kurang memahami langkah-langkah yang digunakan, lupa tentang materi prasyarat sifat, dan prosedur pengerjaanya.
References
Apriadi, N. N. S., & Redhana, I. W. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas X pada Topik Reaksi Redoks. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 70-77.
Ardiansah, A. (2016). Identifikasi Konsep Alternatif pada Guru Kimia: sebuah Kajian Literatur. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 49-54).
Ariani, S., Effendy, E., & Suharti, S. (2020). Model Mental Mahasiswa Pada Fenomena Penghilangan Karat Melalui Elektrolisis. Chemistry Education Practice, 3(2), 55-62.
Kadarwati, S., Damayanti, K., & Sumarti, S. S. (2021). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Hidrolisis Garam dalam Pembelajaran dengan Model Guided Inquiry. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2731-2744.
Köse, S. (2008). Diagnosing student misconceptions: Using drawings as a research method. World Applied Sciences Journal, 3(2), 283-293.
Medina, P. (2015). Analisis miskonsepsi siswa kelas X pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit serta reaksi oksidasi dan reduksi dalam pembelajaran kimia di SMAN Kota Padang. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 2(1), 1-9.
Nazar, M., Sulastri, S., Winarni, S., & Fitriana, R. (2010). Identifikasi miskonsepsi siswa SMA pada konsep faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Jurnal Biologi Edukasi, 2(3), 49-53.
Nurlela, N., Mawardi, M., & Kurniati, T. (2017). Kajian Miskonsepsi Siswa Melalui Tes Multiple Choice Menggunakan Certainty of Response Index (CRI) Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi Kelas X MIPA SMAN 1 Pontianak. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 5(2).
Nurhujaimah, R., Kartika, I. R., & Nurjaydi, M. (2016). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Tes Three Tier Multiple Choice. Paedagogia, 19(1), 15-28.
Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22-32.
Priyanto, A., & Trapsilasiwi, D. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Berdasarkan Kategori Kesalahan Newman di Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember.
Jannah, R. R., & Utami, L. (2018). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Menggunakan Certainty Of Respond Indeks. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 10(2), 42-50.
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing Primary Four pupils errors on written mathematical tasks: A Malaysian perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 264-271.
Sriyanti, I. (2019). Evaluasi pembelajaran matematika. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Winarni, S. (2010). Perlunya Konsep Kimia Secara Benar Pada Buku Ajar Kimia SMA. Jurnal Biologi Edukasi, 2(1), 48-53.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243.
Author Biographies
Bq ilma Husna Zuhullaili, Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram
Dwi Laksmiwati, Pendidikan Kimia Universitas Mataram
Jeckson Siahaan, Pendidikan Kimia Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2022 Bq ilma Husna Zuhullaili

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).