Hubungan antara Penggunaan Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Kimia pada Era Wabah Covid-19

Authors

Noni Pratiwi , Wildan Wildan , I Nyoman Loka , Muntari Muntari

DOI:

10.29303/cep.v4i3.2801

Published:

2021-11-30

Issue:

Vol. 4 No. 3 (2021): November

Keywords:

fasilitas belajar, motivasi belajar, era wabah covid 19

Articles

Downloads

How to Cite

Pratiwi, N., Wildan, W., Loka, I. N., & Muntari, M. (2021). Hubungan antara Penggunaan Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Kimia pada Era Wabah Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(3), 281–286. https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2801

Abstract

Penelitian deskriftif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan hubungan antara penggunaan fasilitas belajar denganà motivasi belajar kimia pada era wabah Covid-19 pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pringgarata tahun 2021 dengan menggunakan metode penelitian survei. Adapun rancangan dalam penelitian ini ialah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian berjumlah 90 siswa. Jumlah sampel sebanyak 60 orang siswa yang diambil menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan angket yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan fasilitas belajar dengan motivasi belajar siswayang ditunjukkan oleh persamaan regresi ö = 15,162 + 0,671X dengan koefisien korelasi(rxy) = 0,529. Kontribusi penggunaan fasilitas belajar 28,04% terhadap motivasi belajar.

References

Adiputra, S., dan Mujiyati., (2017). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia. Jurnal Kajian Meta-Analisis, Vol. 6, No. 4 hal: 150-157.

Aji, R. H. S., (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, Vol. 7, No. 5 hal: 395-402.

Ariani, S., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Dengan Metode Chemo-edutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 1 Kuripan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pijar Mipa, 8(1).

Arifa, N. F., (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, Vol. 12, No. 7 hal: 13-18.

Arsyad, A., (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Cahyani, A., Listiana, L. D., dan Sari, P. D. L., (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 3, No. 1 hal: 123-140.

Djuarsa, R. N., Chrismastianto, A. W., dan Hidayat, D., (2017). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Persepsi Siswa dalam Berprestasi. A Journal of Language, Literature, Culture, and Education Polyglot, Vol. 13, No. 1 hal: 21-34.

Firman., dan Rahman, S. R., (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), Vol. 2, No. 2 hal: 81-89.

Kusuma, D. A. (2020). Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self-regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169-175.

Muhammad, H., Agus, E., dan Basori., (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, Vol. 12, No. 1 hal: 56-64.

Noviansyah, W., (2021). Analisis Kesiapan dan Hambatan Siswa SMK dalam Menghadapi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 4, No.1 hal: 82-88.

Rachmawati, Y., dan Muh. M., (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel. Indonesian Journal of Scienc Learning, Vol. 1, No. 1 hal: 32-36.

Roskiana., Savalas, L. R. T., dan Sukib., (2020). Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram Tahun 2018/2019. Chemistry Education Practice, Vol. 3, No. 1 hal: 29-33.

Suhaemi, A. N., Laurenza, D., Pandu, F. B., dan Abhista, D. P. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Daring di Era Pandemi Covid-19, hal: 195-199.

Zahro, S. F., dan Ismono. (2021). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice, Vol. 4, No. 1 hal: 30-39.

Author Biographies

Noni Pratiwi, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram

Wildan Wildan, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram

I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram

Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.