Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram Tahun 2021
DOI:
10.29303/cep.v5i1.3154Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiKeywords:
Kemandirian belajar, pembelajaran daring, pembelajaran luringArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pengaruh pembelajaran daring dan luring terhadap kemandirian belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian sebanyak 233 mahasiswa dengan jumlah sampel sebanyak 117 mahasiswa semester V, VII dan IX. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan systematic sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kemandirian belajar dan angket persepsi mahasiswa tentang perkuliahan daring dan luring. Teknik analisis data peningkatan kemandirian belajar mahasiswa menggunakan statistik deskriptif, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t. Hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai thitung = 6,337 > Nilai ttabel = 1.980 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa pada pembelajaran daring lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran luring.
References
Ariesca, Y., Dewi, N.K., dan Setiawan, H. (2021). “Analisis Kesulitan Guru pada Pembelajaran Berbasis Online di SDN Se-Kecamatan Maluk”. Progres Pendidikan. 2(1): 20-25.
Badjeber, R. (2020). “Kemandirian Belajar Mahasiswa Tadris Matematika FTIK IAIN Palu Selama Masa Pembelajaran Daring”. Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains. 1(1): 1-9.
Firman dan Rahman, S. R. (2020). “Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19”. Indonesian Journal of Education Scienc (IJES). 2(2): 81-89.
Kuntarto, E. (2017). “Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”. Journal Indonesia Language Education and Literature. 3(1): 99-110.
Malyana, A. (2020). “Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandara Lampung”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia. 2(1): 67-76.
Nurhayati, E. (2018). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Pratiwi, N; Wildan, Loka, IN; dan Muntari. (2021). Hubungan Antara Penggunaan Fasilitas Belajar dengan Motivasi Belajar Kimia pada Era Wabah Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(3): 281-286.
Purnamasari, R., Malani, S., Savitri, M.D., Lestari, R.Z., Salsabila, A., dan Sari, D.A. (2020). “Pembelajaran Tatap Muka dan Daring terhadap Perkuliahan Mahasiswa Teknik Kimia”. Seminar Nasional Call for Paper “Meningkatkan Publikasi Ilmiah dalam Transformasi Ilmu pada Era Digital 2020”. 172-179.
Purwoko A. A., Burhanuddin, Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, N.F., Pazira, D. (2020). Validitas Instrumen dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Saintek 2020. ISBN 978-623-93266-6-1.
Ranti, M, G; Budiarti, I; dan Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 75-81.
Sanjaya, B. P. (2021). “Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring”. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 5(2): 71-78.
Suciningrum; Pratiwi, N; dan Rahayu, E. S. (2015). “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Minat Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Kelas XI di SMA Pusaka 1 Jakarta”. Jurnal Pendidikan Ekonomi & Bisnis. 3(1): 1-21.
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tutut. (2021). “Mengembangkan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Daring dan Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di MI Muhammadiyah 6 Nglegok Jenangan Ponorogo”. Skripsi.
Wibhowo, C. (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Editor: F. Ridwan Sanjaya. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Zimmerman, B. J. (1998). “Academic Studying and The Development of Personal Skill A Self-Regulatory Perspective”. Educational Psychologist. 33(2): 73-86.
Author Biographies
Azlina Azmi, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Wildan Wildan, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Muntari Muntari, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Yayuk Andayani, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2022 Azlina Azmi, Wildan Wildan, Muntari Muntari, Yayuk Andayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).