Korelasi Motivasi Belajar Dengan Aktivitas Belajar Berbasis Pembelajaran Daring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram Pada Mata Kuliah Kimia Dasar II
Authors
rena rena intan , I Nyoman Loka , Muntari Muntari , Muti'ah Muti'ahDOI:
10.29303/cep.v6i2.4970Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi NovemberKeywords:
Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, Pembelajaran DaringArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar, aktivitas belajar dan korelasi antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar dalam pembelajaran daring pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram pada mata kuliah Kimia Dasar II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia tahun akademik 2019/2020 yang memprogramkan mata kuliah Kimia Dasar II sebanyak 80 mahasiswa yang terdistribusi di kelas IIA, IIB dan IIC. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 61 mahasiswa yang ditentukan dengan teknik proporsional random cluster sampling sampling. Data motivasi dan aktivitas belajar mahasiswa dikumpulkan dengan teknik kuesioner online melalui google form. Data hasil penelitian dianalisis dengan uji koefisien korelasi kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar dan aktivitas belajar mahasiswa berkatagori sedang dan ada korelasi yang posistif dan signifikan antara motivasi belajar dengan aktivitas belajar dalam pembelajaran daring pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram pada mata kuliah Kimia Dasar II.
References
Agustin,M., Yensy, N.A., & Rusdi. (2017). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing Di SMP Negeri 12 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. 1(1): 66-72.
Aikel, L. R (1985) Three Coeficients foe Analyzing The Realibility, and Validity of Ratings. Educational and psyshological Measurement. 45(1): 131- 142.
Ainurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Aliwanto. (2017). Analisis Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG. 3(1): 64-71.
Alizar, (2016). Upaya Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe Students Teams Achievements Devision (STAD) pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Penelitian Guru Indonesia. 1(1): 7-14.
Alwan., Hendri, M., & Darmaji. (2017). Faktor-faktor Yang Medorong Siswa MIASMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Talanaipura Kota Jambi. Jurnal Edukasi Fisika. 02(01): 25-37.
Alwi, I. (2015). Kriteria Empirik Dalam Menentukan Ukuran Sampel Pada Pengujian Hipotesis Statistika dan Analisis Butir. Jurnal Formatif. 2(2): 140-148.
Amalia., & Imroatul, K. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (studi pada Rocket Chiken Sukerejo Kendal). Diponegoro Journal of Management. 4(2): 1-9.
Anni, C. T., & Achmad, R. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNESA Press.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asari, A., & Boyke, H. (2018). Pengembangan Ekowisata Bahari Berbasis Masyarakat di Desa Bahoi, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Ilmiah Platax. 6(1): 29-41.
Asmaningrum, H. P., & Koirudin, I. (2018). Pengembangan Paduan Praktikum Kimia Dasar Terintegrasi Etnokimia Untuk Mahasiswa. Jurnal Tadris Kimiya. 3(2): 125-134.
Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Chandra, E. (2012). Filosofdi Zat dan Materi Jabir Bin Hayyan (Aspek Kimiawi DARI Studi Filosifis terhadap Naskah Mukhtar Rasa’il). JURNAL SCIENTIAE EDUCATION. 1(2).
Chang, R. (2005). Kimia Dasar Konsep-Konsep Inti Edisi Ketiga Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Djaali, H. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi aksara
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Jurnal. 5(2): 93-196.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., dan Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gagas 05 Kota Tangerang. Jurnal JPSD. 4(1): 48-53.
Ferdian, K.R. (2017). Penerapan Fungsi Manajemen Dalam Kelompok Tani Cempaka Di Kelurahan Meras Kecamatan Bunaken Kota Manado. Agri-SosioEkonomi Unsrat. 13(3A): 303-312.
Furchan, A. (1990). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Halin, H. (2017). Pengaruh Harga Jual Kaca Patri Jenis Silver Terhadap Nilai Penjualan pada CV. Karunia Kaca Palembang Tahun 2004-2015. Jurnal Ecoment Global. 2(2): 49-56.
Hamka. (2015). Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran pada Mahasiswa IAIN Palu. Jurnal Studia Islamika. 12(1): 96-119.
Hasibuan, D. R., Riris, I. D., & Silaban, R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Metaolisme Karbohidrat Terhadap Motivasi Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 14(1): 178-190.
Hasmiati. (2017). Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pertumbuhan dan Perkembangan Dengan Metode Praktikum. Jurnal Biotek. 5(1): 21- 35.
Herdiansyah, H. (2012). Metodelogi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
Heriyati, (2017). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatik. 7(1): 22-32.
Hidayat, T., Rahmatan, H., & Khairil. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada pembelajaran daring pada Konsep Sitem Peredaran Darah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeriri 1 Woyla. Jurnal Biotik. 4(1): 1-7.
Husain, B. A. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Pada PT. Bank Danamon Tbk Cabang Bintaro). Jurnal Disrupsi Bisnis. 1(1): 1-15.
Iskandar A.A. (2013). Pengaruh Brand Image Produk Terhadap Kesetiaan PelangganPengguna Internet Modem Smartfren Connex di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. (4)1: 24-42.
Kristiyanti, M. (2010). Internet Sebagai Media Pembelajaran Yang Efektif. Majalah Ilmiah Informatika. 1(1): 8-29.
Lestari, I. I. (2019). Analisis Korelasi Rank Spearman Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Spare Part di Bengkulu. Media Ekonomi dan Bisnis. 18(1): 85-99.
Mahendra, H. H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Flash Book Sejarah Peradaban Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. DWIJACENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik. 1(2): 31-42.
Meifani, N. I. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin Mahasiswa STKIP PGRI. Jurnal Devirat. 2(1): 1-10.
Meriko, L., & Yanti, F. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Teknik Mind Map pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan di STKIP PGRI Sumatera Barat. BioCONCETTA. 1(2) 1-11.
Muhammad, M.(2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 4(2): 87-97.
Mulyono. (2001). Macam-macam Aktivitas Belajar. http//aktivitas belajar.co.educare.
Nugroho, I. R & Ruwanto, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(6):460-470.
Nurhidayah, D. A. (2015). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Pada Materi Geometri. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 3(2): 43-50.
Nurmala, D.A ., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Akutansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1).
Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan. 5(2): 216-232.
Purnomo, P., & Palupi, M. S. (2016). Pengembangan Tes Hasil Belajar Matematika Materi Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Waktu, Jarak dan Kecepatan untuk Siswa Kelas V. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD). 20(2): 151-157.
Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahman, S., Munawar, W., & Berman, E. T. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif di SMK. Journal Of Mechanical Engineering Education. 1(1): 137-145.
Ramadhon, R., Jaenudin, R., & Fatimah, S. (2017). Pengaruh Beasiswa Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Brawijaya. Jurnal Profit. 4(2): 203-213.
Ratnawati, E, & Utama, A. (2019). Kesulitan Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edueksos. 10(1): 96-113.
Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah. 14(1): 62-70.
Riyani, R., Maizora, S., & Hanifah. (2017). Uji Validitas Pengembangan Tes Untuk Mengukur Kemampuan Pemahaman Relasional Pada Materi Persamaan Kuadrat Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika. 1(1): 60-65.
Sadirman, A.M. (2000). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sadirman, A.M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.
Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Baha Inggris. Jurnal Manajemen Tools. 9(1):41-52.
Saptono, Y. J. (2016). Motivasi dan Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal
Setiawan, R. (2010). Analisis Pengaruh Faktor Kemampuan Dosen, Motivasi Belajar Eksttrinsik dan Intrinsik Mahasiswa, Serta Lingkungan Belajar Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Di Departemen Matakuliah Umum Universitas Kristen Petra. Jurnal Mitra dan Manajemen Bisnis. 1(2) : 229-244.
Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan. 5(2): 117-133.
Snyder. (2000). Pembelajaran Menarik Aktif dan Kreatif. Jakarta: PT Rajawali.
Suharmanto, A., & Sunarmo. (2017). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum. 24-41.
Sudijono, A. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2014). Statistik Untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sujana, A., & Permanasari. (2014). Literasi Kimia Mahasiswa PGSD dan Guru IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1): 5-11.
Sumari., & Santoso, A. (2019). Kimia Dasar II. Banten: Universitas Terbuka.
Taluke, D., Lakat, R., & Sembel. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mnagrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. 6(2): 531-540.
Widodo., W. L (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia. 49(17): 32-35.
Widyanto, E. A., & Wulaningrum, R. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Motivasi Orang Tua, dan Lingkungan Belajar Terhadapt Prestasi Akademik (Studi Empiris pada Mahasiswa Jurusan Akutansi Politeknik Negeri Samarinda). SNITT-Politeknik Negeri Balikpapan: 66-82.
Wijaya, A. (2012). Pengaruh Tingkat Partisipasi Kelas Terhadap Kinerja Akademik Mahasiswa. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. 9(1): 124-132.
Winawati., & Kresnadi, H. (2020). Korelasi Antara Motivasi dan Aktivitas Belajar Dengan Hasil Belajar Tematik IV SDS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 9(3): 1-10.
Wulandari, C., & Kasmui. (2018). Estimasi Validitas dan Respon Siswa Terhadap
Bahan Ajar Multi Representasi: Definitif, Makrokopis, Mikrokopis, Simbolik Pada Materi Asam Basa. Jurnal Phenomenon.8(2): 165-174.
License
Copyright (c) 2023 rena rena intan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).