Analisis Kemampuan Berpikir Logis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri di Praya Selama Pembelajaran Daring
Authors
Dini Wahyuni , Muntari Muntari , Yunita Arian Sani AnwarDOI:
10.29303/cep.v5i1.2788Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Praya selama mengikuti pembelajaran daring. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan merupakan proporsional random sampling dengan jumlah populasi penelitian meliputi seluruh siswa SMAN kelas XI MIPA di Praya yaitu sebanyak 594 siswa dan jumlah sampel sebanyak 170 siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir logis berbentuk soal pilihan ganda beralasan yang disusun berdasarkan indikator-indikator dari kemampuan berpikir logis berjumlah 5 soal dengan kategori semua valid dan reliabel. Hasil analisis deskriptif kuantitatif menunjukkan bahwa kategori ketercapaian hasil tes untuk kemampuan berpikir logis masuk dalam kategori sangat kurang dengan nilai rata-rata sebesar 38,44. Hasil analisis persentase menunjukkan penguasaan siswa terhadap masing-masing indikator yaitu indikator analogi sebesar 25,41% (rendah), indikator generalisasi sebesar 23,92% (rendah), indikator kausalitas sebesar 8,33% (sangat rendah), indikator kondisional sebesar 26,46% (rendah), dan indikator silogisme sebesar 15,89% (sangat rendah).
References
Arifin, Z. (2017). Evaluasi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Demirel, M., & Coşkun, Y. D. (2010). Case study on interdisciplinary teaching approach supported by project based learning. The International Journal of Research in Teacher Education, 2(3), 28-53.
Fah, L. Y. (2009). Logical thingking abilities among form 4 students in the interior division of Sabah, Malaysia. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 32(2), 161-187.
Holme, T. A., Luxford, C. J., & Brandriet, A. (2015). Defining conceptual understanding in general chemistry. Journal of Chemical Education, 92(9), 1477-1483.
Iswara, W. H., Muntari, Rahmawati, & Loka, I N. (2021). Identifikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa Sma Negeri 1 Narmada Selama Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(3), 242- 249.
Kiswanto, A. (2017). The effect of learning methods and the ability of students think logically to the learning outcomes on natural sciences of grade IV’s Student. Education and Humanities Research, 118, 1040-1046.
Livana, P. H., Mubin M. F., & Basthomi, Y. (2020). Tugas pembelajaran penyebab stres mahasiswa selama pandemi covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203-208.
Maswandi, F. (2015). Analisis kemampuan metakognisi siswa berasrama terhadap materi ekosistem. Proceeding Biology Education, 12(1), 309-312.
Molinda, M. (2005). Instructional Technology and Media for Learning. New Jersey: Prentice-Hall inc.
Mulyani, S., Murtiningrum, T. T., & Ashadi A. T. (2013). Pembelajaran kimia dengan problem solving menggunakan media e-learning dan komik ditinjau dari kemampuan berpikir abstrak dan kreativitas siswa. Jurnal Inkuiri, 2(3), 288-301.
Nugraheni, A. R., Agustina, W., & Yamtinah, S. (2020). Hubungan kemampuan analisis dan berpikir logis dengan prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(2), 148-154.
Nofrita, A., Ofianto. (2019). Pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir kausalitas pada mata pelajaran sejarah di SMA. Jurnal Halaqah, 1(4), 363-380.
Purnamasari, A. (2018). Studi intertekstual aspek penguasaan konsep kesetimbangan kimia, sikap terhadap pembelajaran kimia, dan kemampuan berpikir logis. Thesis. Bandung: FPMIPA UPI.
Purwanto, A & Sasmita, R. (2013). Pembelajaran fisika dengan menerapkan model inkuiri terbimbing dalam menumbuhkan kemampuan berpikir logis siswa di SMA Negeri 8 Bengkulu. Prosiding Semirata, 1(1), 249-253.
Putra, L. S. A. (2017). Perbandingan hasil belajar kimia materi hidrokarbon dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad dan jigsaw pada siswa kelas X MA Al-aziziyah putra tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi. Universitas Mataram, Mataram.
Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M., Amalyaningsih, R., Aftannailah, F., & Auliya, A. (2020). Studi eksplorasi pembelajaran pendidikan ipa saat masa pandemi covid-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. IJSL, 1(1), 32-36.
Rakhmawan, A., & Vitasari, M. (2016). Kemampuan berpikir logis sebagai prediktor keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan kimia dasar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 99-109.
Rakhmawan, A., & Vitasari, M. (2016). Kemampuan berpikir logis sebagai prediktor keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan kimia dasar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 99-109.
Septiati, Ety. (2018). Kemampuan berpikir logis mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah analisis real. Wahana Didaktika, 16(2), 207-221.
Sembiring, A. Br., Oktavianti, R. (2021). Persepsi siswa SMA selama pembelajaran daring saat pandemi covid-19. Koneksi, 5(1), 120-126.
Sinnot, J. D. (1998). Everyday problem solving-theory and application. New York: Springer.
Supandi, Imam. (2017). Analisis kemampuan penalaran generalisasi matematis siswa kelas VIII MTS Annajah pada materi segitiga dan segiempat. Skripsi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah.
Suryanto. (1999). Kemampuan menalar silogistik calon guru matematika. Jurnal Kependidikan, 1, 115-130.
Timoshenko, S. & J. Goodier. (1970). Theory of Elasticity, 3rd edition. New York: McGraw-Hill.
Widhiastuti, L. N., Mulyani, S., & Haryono, H. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 4e dan poew ditinjau dari kemampuan berpikir logis terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 104-119.
Wiji, L., Sopandi, W., & Martoprawiro., M, A, K. (2014). Kemampuan berpikir logis dan model mental kimia sekolah mahasiswa calon guru. Cakrawala Pendidikan, 33(1), 147-157.
Wulandari, C., Susilaningsih, E., & Kasmui, K. (2018). Estimasi validitas dan respon siswa terhadap bahan ajar multi representasi: definitif, makroskopis, mikroskopis, simbolik pada materi asam basa. Jurnal Phenomenon, 8(2), 165-174.
License
Copyright (c) 2022 Dini Wahyuni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).