Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Kimia Setelah Menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)
DOI:
10.29303/cep.v5i1.3269Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiKeywords:
Kesiapan Mengajar, Pengenalan Lapangan PersekolahanArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan mengajar mahasiswa calon guru program studi pendidikan kimia setelah menjalani program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan jumlah populasi 76 mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan 2016, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mataram yang telah menjalani program PLP yaitu dari kelas A, B dan C. Sampel diambil secara random diperoleh 19 mahasiswa di tiap kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Kesiapan merencanakan dan mempersiapkan KBM masuk kategori sangat siap (68,42%). (2) Kesiapan mengelola KBM masuk kategori sangat siap (57,89%). (3) Kesiapan melaksanakan evaluasi berada dalam kategori sangat siap (63,16%). (4) Kesiapan melaksanakan empat pilar pendidikan masuk kategori sangat siap (57,89%).
References
Ardiyanto, F. (2013). Pemanfaatan Peristiwa Aktual Sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Pergerakan Nasional Indonesia Pada Siswa Kelas XI IPS (Studi Kasus di SMA Negeri 6 Semarang dan SMA Kesatrian 1 Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi. Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial: Universitas Negeri Semarang.
Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjend. Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. (2015). Undang-Undang No. 14 Tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Janawi, J. (2019). Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 68-79.
Kurniasari, Istiana Dewi. (2016). Pengaruh Minat menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1 (2): 1-14.
Larlen. (2013). Persiapan Guru Bagi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Penal. 3 (1): 81-91.
Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhayatun. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyusun Soal Ulangan Sumatif Mata Pelajaran Matematika Semester Ganjil Melalui Kegiatan BIMTEK pada Guru-guru SDN 1 Batulayar Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 4 (2): 77-82.
Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan. (2019). Neraca Pendidikan Daerah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Budaya).
Rane, M. K. D., RIDWAN, M. S., & WARDAH, W. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Biaya Pendidikan Dan Fasilitas Pendidikan Terhadap Keputusan Konsumen Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening Dalam Memilih Program Studi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. JEB17: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 4(01): 869-880.
Roisah, B., & Margunani, M. (2018). Pengaruh minat menjadi guru, penguasaan MKDK, dan PPL terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 59-74.
Saepuloh, D. (2018). Kesiapan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum 2013 (Studi Kasus pada SMK Lab Business School Tangerang). Jipis, 27(1), 33-50.
Salahuddin, A. (2013). Pendidikan Karakter (Berbasis Agama dan Budaya). Bandung: Pustaka Setia.
Sani, M. (2016). Kegiatan Menutup Pelajaran. Journal of Accounting and Business Education, 1(3): 48-58.
Sukarya. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Proses Belajar Mengajar Melalui Pendidikan dan Pelatihan Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(2): 1-19.
Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95-102.
Unit PLP. (2020). Panduan PLP FKIP UNRAM. Mataram: UPLP-FKIP Universitas Mataram.
Zendrato, J. (2016). Tingkat penerapan rencana pelaksanaan pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas suatu studi kasus di SMA Dian Harapan Jakarta. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 58-73.
Author Biographies
Fatmawati Fatmawati, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Rahmawati Rahmawati, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Syarifa Wahidah Al Idrus, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2022 Fatma wati, Rahmawati Rahmawati, Aliefman Hakim, Syarifa Wahidah Al Idrus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).