Hubungan Motivasi Belajar dan Kesiapan TIK dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Melaksanakan Pembelajaran Daring
Authors
Yulia Agustina , Muntari Muntari , Eka JunaidiDOI:
10.29303/cep.v5i1.2679Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiKeywords:
Motivasi belajar, kesiapan TIK, Prestasi Belajar KimiaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) hubungan motivasi belajar terhadap prestasi belajar kimia siswa, (2) hubungan kesiapan TIK siswa terhadap prestasi belajar kimia siswa, dan (3) hubungan motivasi belajar dan kesiapan TIK siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kimia siswa kelas XI MIA di SMAN 1 Narmada dalam melaksanakan pembelajaran daring. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA yang berjumlah 138 orang dan diambil 53 orang sebagai sampel secara proporsional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi dan angket tertutup. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,381 dalam kategori rendah, (2) terdapat hubungan antara kesiapan TIK terhadap prestasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,27 dalam kategori rendah, dan (3) terdapat hubungan antara motivasi belajar dan kesiapan TIK secara bersama-sama terhadap prestasi belajar kimia siswa dalam melaksanakan pembelajaran daring dengan koefisien korelasi ganda sebesar 0,54 dalam kategori sedang.
References
Aisah, S., Kurniasih, D., Fitriani. (2018). Analisis Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di Kelas X SMA Negeri 3 Sintang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. 6(2):76-86
Andri, R. M., & SP, M. P. (2017). Peran dan Fungsi Teknologi Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1):122-129.
Antara, I. N. R., Haris, I. A., & Nuridja, I. M. (2014). Pengaruh kesiapan dan transfer belajar terhadap hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 1 Ubud. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1):4-5
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asvio, N. (2016). Hubungan Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Mahasiswa Semester III Program Studi Diploma III Kebidanan STIKES Prima Nusantara Bukit tinggi. al-fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1):95-108.
Basyari, A. (2013). Hubungan antara minat dan prestasi belajar sejarah dengan kesadaran sejarah siswa MAN Yogyakarta III. Universitas Negeri Yogyakarta.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2):172-182.
Hamdu, A.S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). pengaruh penggunaan e-learning terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SD Negeri Tahunan Yogyakarta. Jurnal prima edukasia, 2(1), 66-79.
Mazana, M. Y., Montero, C. S., & Oyelere, S. S. (2019, May). Information and communication technology in Mathematics education–Integration readiness in Tanzania Higher Education Institutions. In International Conference on Social Implications of Computers in Developing Countries (pp. 409-420). Springer, Cham.
Megawati, M., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2019). Hubungan Kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dengan Motivasi Belajar Kimia Siswa. Chemistry Education Practice, 2(2):50-55.
Munir. (2009). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, CV.
Muntari. (2016). Peningkatan Pemahaman Kimia Melalui Paduan Pembelajaran Kooperatif dan Pemecahan Masalah Kimia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2): 130-137.
Ningrum, P. P., Prasetyo, Y. E., Yuliarisma, S. A., & Fadhilla, F. N. (2022). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SD Negeri 2 Sendang, Kabupaten Ponorogo. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 2(1), 26-29.
Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2): 61-65.
Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. (2017). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).09-18.
Salsabila, U. H. (2020). Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2):188-198.
Saputra, F. D. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Diklat Mekanika Tekniksiswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education), 5(1).
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sirait, M., Parinduri, S. H., & Sani, R. A. (2017). The effect of cooperative learning model type group investigation for student’s conceptual knowledge and science process skills. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(4), 49-54.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudarmanto, G. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudiana, R., Fatah, A., & Khaerunnisa, E. (2017). Kemandirian belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis virtual class. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(1).
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Surya, A. S. P., & Rizal, F. (2019). Hubungan Kemampuan TIK Terhadap Hasil Belajar Menggambar dengan Perangkat Lunak (MDPL) Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (TDPIB) di SMK Negeri 1 Sumatra Barat. CIVED Jurusan Teknik Sipil, 6(5): 1-5.
Ulandari, K. S. S., Dibia, I. K., & Sudana, D. N. (2014). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil di Desa Buruan. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Wahyuni, F., & Siagian, M. D. (2020). Analisis Hubungan Kesiapan Belajar Secara Daring di Era Pandemi Covid-19 terhadap Hasil Belajar Statistika. Jurnal of Didactic Mhatematic, 1(3):138-143.
Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(1): 28-32.
Yafitri, L. T. D., Mulyono, H., & Yusran. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Teknologi Internet Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi pada SMA Negeri 4 Kota Solok. Skripsi. STKIP PGRI Sumatra Barat.
License
Copyright (c) 2022 Yulia Agustina, Muntari Muntari, Eka Junaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).