Analisis Kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Pembelajaran Kimia Siswa
Authors
Rauhul Jannah , Yayuk Andayani , Syarifa Wahidah Al IdrusDOI:
10.29303/cep.v5i1.2693Published:
2022-05-30Issue:
Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi MeiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada pembelajaran kimia siswa kelas XI IPA SMA/MA di kecamatan Narmada tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode expost facto. Aspek kesiapan TIK diukur menggunakan 2 aspek kesiapan TIK yaitu aspek infrastruktur dan aspek sumber daya manusia. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional sampling. Sampel pada penelitian ini sebanyak 168 siswa atau 56% dari seluruh populasi. Hasil penelitian menunjukan tingkat kesiapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) siswa di kecamatan Narmada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 62,44. Tingkat kesiapan TIK di SMAN 1 Narmada dan SMAN 2 Narmada memiliki nilai rata-rata sebesar 62,70 dan 68,10 berada pada kategori tinggi. Sedangkan SMA NW Narmada dan MA Hikmatusysyarief NW memiliki nilai rata-rata sebesar 60,92 dan 58,04 berada pada kategori sedang. Adapun untuk mengetahui adanya perbedaan tingkat kesiapan TIK dianalisis menggunakan uji kruskal wallis, diperoleh hasil nilai signifikansi 2.29E-04< 0,05, terdapat perbedaaan yang signifikan terhadap tingkat kesiapan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada pembelajaran kimia siswa. Sehingga dalam hal ini, sekolah negeri memiliki kesiapan lebih tinggi dalam mengimplementasikan TIK sebagai sumber dan media pembelajaran dibandingkan sekolah swasta
References
Adisel, A., & Prananosa, A. G. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1-10.
Agrahari, A., & Singh, S. (2013). The impact of Information and Communication Technology (ICT) on achievement of students in chemistry at secondary level of CBSE and UP Board in India. International Journal of Science and Research, 2(8), 126-129.
Aini, Y. R. F. dan Syarifuddin. (2016). Pengaruh Status Sekolah, Rencana Pendidikan Setelah Tamat SMA dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua terhadap Literasi Sains Siswa SMA Kelas XI IPA Se-Kota Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1): 133.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.
Hashemy, S.A., Hayati, D., Hashemy, Z. (2012). A Survey of the Application of Information Communication Technology in Education. International Journal of Information and Education Technology, 2(1):57.
Herliawan, H. (2015). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas VIII J SMP Negeri 5 Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1): 38.
Huda, Irkham A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 1(2): 3.
Idris. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan Agama Islam, 1(2): 178.
Karnegi, D. & Iswahyudi. (2019). Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Era Revolusi Industri 4.0 di SMA Negeri 5 Prabumulih. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana. Universitas PGRI Palembang.
Lubis, M. (2016). Peluang pemanfaatan pembelajaran berorientasi teknologi informasi di lingkup madrasah (mempersiapkan madrasah berwawasan global). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 147-153.
Megawati, M., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2019). Hubungan Kesiapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Dengan Motivasi Belajar Kimia Siswa. Chemistry Education Practice, 2(2), 50-55.
Nurchaili. (2011). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dalam Proses Pembelajaran Kimia terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(6): 652.
Nurfaeda, P. & Anas A. (2019). Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran pada SMK Negeri Se-Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3): 4.
Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188-198.
Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019, July). Hambatan dan tantangan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Sinaga, Chan, F dan Sofwan, M. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Edusampu, 1(1): 4.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukartono. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Pendidikan Indonesia. Surakarta: FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., Nyoto, A., & Malang, U. N. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 26, pp. 263-278).
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
License
Copyright (c) 2022 Rauhul Jannah, Yayuk Andayani, Syarifa Wahidah Al Idrus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).