Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Kelas XI dan Kelas XII MIPA SMAN 7 Mataram pada Masa Pandemi
Authors
Nadia Amanda Sarani , Mutiah Mutiah , Rahmawati Rahmawati , Baiq Fara Dwirani SofiaDOI:
10.29303/cep.v6i1.3184Published:
2023-05-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023Keywords:
Minat belajar, kimia, pandemiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat belajar kimia siswa kelas XI dan kelas XII MIPA SMAN 7 Mataram pada masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang merupakan jenis penelitian meninjau, mencari, melihat serta menggambarkan dengan angka yang tepat mengenai objek yang diteliti sesuai dengan fenomena atau kejadian pada saat penelitian dilakukan. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XI dan kelas XII MIPA SMAN 7 Mataram, sedangkan sampel yang digunakan adalah sebanyak 79 sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan metode proportionate stratified random sampling yang dilakukan dengan mengambil subjek dari setiap kelas yang ditentukan seimbang dengan banyaknya subyek dalam masing-masing kelas tersebut. Data kecendrungan minat belajar kimia siswa dikumpulkan menggunakan angket tertutup dengan skala Likert yang telah diuji kevalidan dan reliabilitasnya. Empat indikator minat yang diukur dalam penelitian ini adalah perasaan senang, keterlibatan siswa, ketertarikan siswa dan perhatian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar kimia siswa selama masa pandemi dengan 4 indikator tersebut masuk ke dalam kategori minat tinggi dengan persentase minat kelas XI MIPA sebesar 75% dan persentase minat kelas XII MIPA sebesar 89%.
References
Amin, E.V., Andayani, Y., dan Sukib. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Mataram Tahun Ajaran 2017/2018. Chemistry Education Practice.1(1), 13-19.
Arikunto, S. (2016). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.
Bahriah, E.S dan Ristiyani, E. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMAN X kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA.2(1), 18-29.
Chang, R. (2005). Kimia Dasar Konsep-konsep Inti, Edisi Ketiga (Jilid 2). Jakarta:Erlangga.
Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta:Rineka Cipta.
Darmawan, R. (2015). Pengaruh Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 01 Wanolopo Tahun Ajaran 2014/2015. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/35501
Djamarah, S.B dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fitriyah, D. (2021). Pengaruh Video Tutorial Praktikum Kimia Umum Berbasis Kehidupan Sehari-hari di Masa Covid-19. Journal of Education and Teaching. 2(1), 63-69.
Hapsari, S. (2007).Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grasindo.
Hemayanti, K.L., Muderawan, I.W., dan Selamat, I.N. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia.4(1), 20-25.
Indriyani, F & Yusnani. (2021). Peran Orang tua dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Siswa Sekolah Dasar di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 3(1), 90-96.
Kartika, S., Husni & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 7(1), 113-126.
Kurjono. (2010). Proses Belajar Mengajar dengan Aspek-Aspeknya. Bandung: Program Studi Pendidikan Akuntansi.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif. 3(2), 115-125.
Lutfiani, W., Lukum, A., dan Rumape, O. (2016). Identifikasi Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Sekota Gorontalo. Jurnal EntropiI. 11(2), 1353-1360.
Moleong, L.J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwoko, A.A.,Burhanuddin., Andayani, Y., Hadisaputra, S., Yulianti, L., Fitri, N.Z., dan Pariza, D. (2021). Validitas Instrumen Dalam Rangka Pengembangan Metode Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Prosiding SAINTEK.3(1), 94-102.
Ridwan. (2005). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Saââ¬â¢adah, U., & Ariati, J. (2018). Hubungan Antara Student Engagement (Keterlibatan Siswa) Dengan Prestasi Akademik Mata Pelajaran matematika Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Empati. 7(1), 69-75.
Sidi, I.D. (2000). Pendidikan IPA di Lingkungan Pendidikan Dasar dan Menengah. Bandung:ITB.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono, (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
License
Copyright (c) 2023 Nadia Amanda Sarani, Mutiah Mutiah, Rahmawati Rahmawati, Baiq Fara Dwi Rani Sofia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).