Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-learning pada Masa Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri di Lombok Timur

Authors

Rabiatun Adawiah , Agus Abhi Purwoko , Saprizal Hadisaputra , Baiq Fara Dwirani Sofia , Dwi Wahyudiati

DOI:

10.29303/cep.v5i1.3117

Published:

2022-05-30

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2022): Edisi Mei

Keywords:

Pembelajaran berbasis e-learning, motivasi belajar

Articles

How to Cite

Adawiah, R., Purwoko, A. A., Hadisaputra, S., Sofia, B. F. D., & Wahyudiati, D. (2022). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-learning pada Masa Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri di Lombok Timur. Chemistry Education Practice, 5(1), 93–98. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3117

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan kualitas, pengaruh serta konribusi indikator dari penerapan pembelajaran berbasis e-learning pada masa Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri di Lombok Timur. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif ex-post facto. Populasi penelitian sebanyak 155 siswa kelas XI MIPA SMA Negeri di Lombok Timur dan jumlah sampel sebanyak 111 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan multistage random sampling. Pengumpulan data pembelajaran berbasis e-learning dan motivasi belajar menggunakan angket dan wawancara. Analisis data penelitian yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa kualitas penerapan pembelajaran berbasis e-learning berada di kategori sedang dengan persentase frekuensi terbesar 70%. Tingkat motivasi belajar siswa berada di kategori sedang dengan persentase frekuensi terbesar 71%. Hasil analisis inferensial digunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari uji hipotesis yang menggunakan pearson product moment menunjukkan rxy = 0,56 dan koefisien determinasi sebesar 31,87% sehingga ditunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara penerapan pembelajaran berbasis e-learning pada masa Covid-19 terhadap motivasi belajar siswa. Indikator pembelajaran berbasis e-learning yang paling besar memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar ialah kesiapan siswa menerima materi pembelajaran melalui e-learning dan indikator yang paling sedikit memberikan pengaruh ialah keterampilan menggunakan komputer/smartphone.

References

Aminuddin, Rahman, A. & Nurlansi. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dengan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Biofisika: Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 3(1): 19-25.

Aryani. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Purwakarta: Alma Pusaka.

Badaruddin, Achmad. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Konseling Klasikal (1st ed). Jakarta: CV Abe Kreatifindo.

Basar, A.M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208 – 218.

Budiariawan, I.P. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2): 103-111.

Cahyani, A., Listiana, D.L., & Larasati, S.P.D. (2020).Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1): 123-140.

Firman & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19. Indonesian Journal of Education Science (IJES), 2(2): 81-89.

Naidu, S. (2006). E-learning a Guidebook of Principles, Procedures and Practices.New Delhi: Commonweath Educational Media Center.

Noviani, H.E., Priharsari, D. & Mursityo, Y.T. (2021). Analsis Pembelajaran Jarak Jauh Secara Online pada Siswa SMA (Studi Kasus SMA Negeri 4 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi dan Informasi, 5(4): 1637- 1645.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 4(2): 30-36.

Pratama, A.P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1): 88-95.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syachtiyani, W.R. & Trisnawati. (2021). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19, 2(1): 1-148.

Winata, I.K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1): 13 – 24.

Yunita, Y. & Elhami, E. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E-learning Diskusi Melalui Problem Solving di Era Pandemik Covid-19. Jurnal Edukasi Nonformal. 2(1): 133-146.

Author Biographies

Rabiatun Adawiah, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Agus Abhi Purwoko, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Baiq Fara Dwirani Sofia, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Dwi Wahyudiati, Tadris Kimia, Universitas Islam Negeri

License

Copyright (c) 2022 Rabiatun Adawiah, Agus Abhi Purwoko, Saprizal Hadisaputra, Baiq Fara Dwirani Sofia, Dwi Wahyudiati

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.