Pengembangan Instrumen Evaluasi Two-Tier Multiple Choice Menggunakan Personal Computer Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Larutan Penyangga

Authors

Roza Hairunnisa , Burhanuddin Burhanuddin , Eka Junaidi , Syarifa Wahidah Al Idrus

DOI:

10.29303/cep.v6i1.3372

Published:

2023-05-31

Issue:

Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023

Keywords:

pengembangan, two-tier multiple choice test, personal computer, pemahaman konsep, materi larutan penyangga

Articles

How to Cite

Hairunnisa, R., Burhanuddin, B., Junaidi, E., & Al Idrus, S. W. (2023). Pengembangan Instrumen Evaluasi Two-Tier Multiple Choice Menggunakan Personal Computer Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Chemistry Education Practice, 6(1), 114–122. https://doi.org/10.29303/cep.v6i1.3372

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan instrumen evaluasi Two-Tier Multiple Choice menggunakan personal computer untuk mengukur pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XII MIPA SMAN 2 Taliwang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 32 orang siswa kelas XII MIPA SMAN 2 Taliwang yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen evaluasi yang dikembangkan berada pada kategori valid karena nilai validitas yang diperoleh menggunakan indeks Aikenââ¬â¢s adalah V = 0,73. Adapun nilai kepraktisan dari instrumen evaluasi yang dikembangkan diperoleh sebesar 89%, termasuk kategori sangat praktis untuk digunakan. Selain itu, nilai keefektifan dari instrumen evaluasi yang dikembangkan berdasarkan interpretasi tingkat pemahaman konsep siswa diperoleh kategori paham konsep sebesar 63%, tidak paham konsep sebesar 21%, dan miskonsepsi sebesar 16%. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen evaluasi Two-Tier Multiple Choice yang disusun menggunakan personal computer tergolong valid, praktis dan efektif untuk mengukur tingkat pemahaman konsep siswa pada materi larutan penyangga.

References

Ali, M., 2019. Analisis Miskonsepsi Siswa Berdasarkan Gender dalam Pembelajaran Fisika dengan Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier di Kotabaru. CENDEKIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 7(1): 59-66.

Arends, R., 2012. Learning To Teach

(9th Ed.). New York: Mcgraw-Hill.

Arifin, Z., 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S., 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aââ¬â¢yun, Q., Harjito, H., & Nuswowati, M., 2018. Analisis Miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostic multiple choice berbantuan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 12(1): 2108-2117.

Chandrasegaran, A. L., Treagust, D. F., & Mocerino, M., 2007. The development of a two-tier multiple

choice diagnostic instrument for evaluating secondary school students' ability to describe and explain chemical reactions using multiple levels of representation. Chemistry Education Research and Practice. 8(3): 293-307.

Hardianti, T., 2018. Analisis kemampuan peserta didik pada ranah kognitif dalam pembelajaran fisika SMA. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 557- 561).

Nurhidayatullah, N., & Anti, K. P., 2018. Miskonsepsi Materi Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 4(1): 41-51.

Nurhujaimah, R., Kartika, I.R., & Nurjaydi, M., 2016. Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Tes Three-Tier Multiple Choice. Jurnal Penelitian Pendidikan. 19(1): 15-28.

Orgill, M., & Sutherland, A., 2008. Undergraduate chemistry studentsââ¬â¢ perceptions of and misconceptions about buffers and buffer problems. Chemistry education research and pracctice. 9(2): 131-143.

Pawestry, U., Soeyono, & Kurniawati, I., 2013. Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika dengan Pengantar Bahasa Inggris pada Materi Pokok Bentuk Logaritma Kelas X Imersi SMA Negeri Karangpadan Karanganyar. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi. 1(1):

-7.

Prastowo, A., 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purwanto, N., 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, S., 2015. ââ¬ÅPengembangan Tes Diagnostik Pilihan Ganda Dua Tingkat untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Konsep Gerak Dua Dimensiââ¬Â.

Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Retnawati, H., 2016. Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riski, R. A., 2019. ââ¬Å Pengembangan Instrumen Evaluasi Two-Tier Multiple Choice untuk Mengukur Literasi Sains Peserta Didik Kelas X Menggunakan Personal Computer Mata Pelajaran Biologi Ditingkat SMA/MAââ¬Â. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan.

Saputra, S. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Bahasa Arab dan Al Qurââ¬â¢an untuk Siswa SD/MI. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab. 1(2): 256-266.

Sariati, N. K., Suardana, I. N., & Wiratini,

N. M., 2020. Analisis Kesulitan BelajarKimia Siswa Kelas XI pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1): 86-97.

Setiyadi, M.W., Ismail., dan Hamsu A.G., 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal of EST, 3(2), 104-112.

Sugiyono, 2017. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P., 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pembelajaran Fisika. Jakarta: PT. Grasindo Anggota Ikapi.

Tuysuz, C., 2009. Development of two-tier diagnostic instrument and assess studentsââ¬â¢ understanding in chemistry. Scientific Research and Essay. 4(6): 626-631.

Widoyoko, E. P., 2014. Penilaian hasil pembelajaran di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zakirman dan Hayati, 2017. Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam

Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. 6(1): 85-93.

Author Biographies

Roza Hairunnisa, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Burhanuddin Burhanuddin, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Eka Junaidi, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Syarifa Wahidah Al Idrus, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2023 Roza Hairunnisa, Burhanuddin Burhanuddin, Eka Junaidi, Syarifa Wahidah Al Idrus

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.