Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Study Card Terhadap Hasil Belajar Kimia

Authors

Lalu Ardian Gunawan , Sukib Sukib , Aliefman Hakim

DOI:

10.29303/cep.v2i2.1257

Published:

2019-11-30

Issue:

Vol. 2 No. 2 (2019): November

Articles

Downloads

How to Cite

Gunawan, L. A., Sukib, S., & Hakim, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Study Card Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.29303/cep.v2i2.1257

Abstract

Penelitian ini membahas model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan kartu belajar terhadap hasil belajar bahan kimia yang mendukung penyangga siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi dalam bentuk desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini menambahkan siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembar.Metode yang digunakan untuk mengambil sampel yaitu dengan metode random sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol.Pada Belajar dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Individu Assisted Individualization(TAI) berbantuan Kartu ctudy sedangkan PADA Kelas Kontrol diberi telkom DENGAN MENGGUNAKAN Model Pembelajaran konvensional.Uji hipotesis PADA Penelitian Penyanyi menggunakan uji-t.Hasil uji statistik uji-t hitung PADA taraf signifikan 5% penemuan t hitung ( 3,976 )> t tabel ( 1,671) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) berbantuan kartu belajar memberikan Manfaat yang lebih baik terhadap hasil belajar bahan kimia pokok penyangga siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lembar

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization , kartu belajar dan materi pokok larutan penyangga

References

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Astuti, Y & Setiawan,B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3 (1).

Himawan., Yunus, M & Sugiarti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Polewali (Materi Pokok Ikatan Kimia). Jurnal Chemica. 18(1).92-100.

Munandar, W. A. (2016). Media Mind Map Untuk Meningkatkan Retensi Siswa Dalam PembelajaranPendidikan Kewarganegaraan Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(18).234-244.

Nurazizah, S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Study Card Terhadap Hasil Belajar Materi HidrolisisSiswa Kelas XI SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung. Skripsi FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R &D . Bandung: Alfabeta.

________. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuantitatif dan R &D . Bandung: Alfabeta.

Sulistyanti, L., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Dipadukan dengan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Kimia. Chemistry Education Practice, 2(1), 17-23.

Suyanti, R. D. (2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suyanto. (2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Jakarta: Yudistira.

Utami, D. D, Hastuti, Budi Dan Redjeki, Tri. (2015). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Demonstrasi Pada Materi Hidrolisis Garam Di SMA Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (Jpk). 4(1).157-164.

Author Biographies

Lalu Ardian Gunawan, Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Indonesia

Sukib Sukib, Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram

Indonesia

Aliefman Hakim, Pendidikan kimia, FKIP, Universitas Mataram

Indonesia

License

Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:

  1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
  2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
  3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>