Hubungan Antara Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Kimia
Authors
Safrina Azaria Rahman , Saprizal Hadisaputra , Supriadi Supriadi , Eka JunaidiDOI:
10.29303/cep.v5i2.3734Published:
2022-11-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi NovemberKeywords:
Kemampuan spasial, hasil belajar, kimiaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kesuksesan mahasiswa dalam memperoleh hasil belajar kimia yang maksimal dapat dipengaruhi oleh kemampuan spasial yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana kemampuan spasial mahasiswa, (2) bagaimana hasil belajar kimia mahasiswa, serta (3) adakah hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan spasial terhadap hasil belajar kimia mahasiswa, jika ada seberapa besar hubungannya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester empat Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram tahun akademik 2021/2022 yang berjumlah 68 mahasiswa dan diambil sebanyak 58 mahasiswa sebagai sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial, dimana hipotesis penelitian diuji menggunakan analisis bivariat dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kemampuan spasial mahasiswa berada pada kategori sangat rendah, (2) hasil belajar kimia mahasiswa berada pada kategori cukup, serta (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan spasial terhadap hasil belajar kimia mahasiswa dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,391 dan tingkat hubungan dalam kategori rendah.
References
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234–245.
Akaygun, S. (2016). Is The Oxygen Atom Static or Dynamic? The Effect of Generating Animations on Students' Mental Models of Atomic Structure. Chemistry Education Research and Practice, 17(4), 788-807.
Anggriawan, B., Effendy, E., & Budiasih, E. (2017). Kemampuan Spasial dan Kaitannya dengan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Materi Simetri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1612-1619.
Anshori, A. F. J., Priyasmika, R., & Purwanto, K. K. (2021). Hubungan Kecerdasan Spasial-Visual dan Prestasi Belajar pada Materi Bentuk Molekul. Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 3(2), 102-107.
Apecawati, L. D., Sahputra, R., & Hadi, L. (2015). Hubungan Kecerdasan Visual-Spasial dengan Kemampuan Menggambarkan Bentuk Molekul pada Mahasiswa. “Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran”, 7(1), 1-11.
Arifa, N. V. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis, 12(7), 13-18.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bongers, A., Beauvoir, B., Streja, N., Northoff, G., & Flynn, A. B. (2020). Building Mental Models of a Reaction Mechanism: The Influence of Static and Animated Representations, Prior Knowledge, and Spatial Ability. Chemistry Education Research and Practice, 21(2), 496-512.
Derlina & Afrianti, L. (2016). Efek Penggunaan Model Pembelajaran Inquiry Traing Berbantuan Media Visual dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Cakrawala Pendidikan, 35(2), 153-163.
Farida, I., Rahmawati, R., Aiyah, R., & Helsy, I. (2020). Pembelajaran Kimia Sitem Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Generasi Z. Karya Tulis Ilmiah Masa Work From Home Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati, 1-11.
FKIP. (2020). Pedoman Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Mataram: Universitas Mataram.
Hanum, L. (2016). Hubungan Kemampuan Spasial dengan Kemampuan Konseptual dalam Menyelesaikan Soal-soal Kimia Dasar II (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNSYIAH Tahun Akademik 2015/2016). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(4).
Harmony, J., & Theis, R. (2012). Pengaruh Kemampuan Spasial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika.
Helmi. (2020). Dampak Kondisi Ekonomi Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di SMA Negeri 10 Rejang Lebong. Aghinya Bengkulu, 3(2), 255-260.
Hulu, G., & Dwiningsih, K. (2021). Validitas LKPD Berbasis Blended Learning Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Melatihkan Visual Spasial Materi Ikatan Kovalen. Journal of Chemical Education, 10(1), 56-65.
Istiana, D. (2022). Identifikasi Kesulitan Pelaksanaan Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram. Skripsi. Universitas Mataram.
Kusuma, A. P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division dan Team Assisted Individualization Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 135-144.
Merchant, Z., Goetz, E. T., Keeney Kennicutt, W., Cifuentes, L., Kwok, O. M., & Davis, T. J. (2013). Exploring 3D Virtual Reality Technology for Spatial Ability and Chemistry Achievement. Journal of Computer Assisted Learning, 29(6), 579-590.
Narpila, S. D. (2019). Perbedaan Kecerdasan Spasial antara Siswa Laki-laki dan Siswa Perempuan Kelas X SMA YPK Medan pada Materi Geometri. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(1), 34-41.
Parwata, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Nht Terhadap Hasil Belajar Geometri Ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa SD. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 291-301.
Perdana, D., Ariyano, A., & Suherman, A. (2017). Korelasi antara Kecerdasan Visual-Spasial dengan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Dasar Bidang Studi Teknik Mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 169-177.
Pikoli, M., & Suleman, N. (2013). Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Formal Dan Kecerdasan Visual-Spasial Dengan Kemampuan Menggambarkan Bentuk Molekul Siswa Kelas XI MAN Model Gorontalo Tahun Ajaran
/2011. Jurnal Entropi, 8(01), 551-561
Puspaningrum, C., Syahputra, E., & Surya, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Digital Interaktif Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 1-10.
Rahmatullah, I. N. (2016). Pengaruh Kemampuan Spasial dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 22 Makassar. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Roikha, M. A. (2017). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kecerdasan Visual-Spasial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V di Sekolah Dasar Tamansiswa Turen. Doctoral Dissertation. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rosari, I. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif Spasial terhadap Hasil Belajar Ikatan Kimia SMA. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 163-168.
Safrida, L. N., Ambarwati, R., & Albirri, E. R. (2017). Partisipasi Mahasiswa dalam Peambelajaran Kooperatif Berbasis Lesson Study. Jurnal Edukasi. 4(3): 54-58.
Setiani, Y., & Rafianti, I. (2018). Pengaruh Tingkat Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Literasi Kuantitatif Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 38-46.
Setyarini, M., Liliasari, L., Kadarohman, A., & Martoprawiro, M. A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Stereokimia Berbasis Visualisasi 3d Molekul untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 91-101.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta.
Sudatha, G. W. I., Degeng, N. S. I., & Kamdi, W. (2018). The Effect of Visualization Type and Student Spatial Abilities on Learning Achievement. Journal of Baltic Science Education, 17(4), 551.
Sudirman, S., & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60-72.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukaswanto. (2013). Diagnosis Kesulitan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika dan Kekuatan Material. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(4), 314-324.
Suprapmanto, J., & Utomo. (2021). Analisis Permasalahan Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 dan Solusinya. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 15-19.
Supriadi, S., Wildan, W., Hakim, A., Savalas, L. T., & Haris, M. (2021). Model Mental dan Kemampuan Spasial Mahasiswa Tahun Pertama dan Ketiga Pendidikan Kimia di Universitas Mataram. Jurnal Pijar Mipa, 16(3), 282-287.
Tambunan, S. M. (2016). Hubungan antara Kemampuan Spasial dengan Prestasi Belajar Matematika. Makara Human Behavior Studies in Asia, 10(1), 27-32.
Wahyuni, A., & Hidayati, D. W. (2020). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Berbasis ICT Terhadap Kemampuan Spasial Mahasiswa. Jurnal Informa: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 6(1), 6-9.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.
Zulfahmi, Z., Wiji, W., & Mulyani, S. (2021). Development of Intertextual Based Learning Strategy Using Visualization Model to Improve Spatial Ability on Molecular Geometry Concept. Chimica Didactica Acta, 9(1), 8-16.
License
Copyright (c) 2022 Safrina Azaria Rahman, Saprizal Hadisaputra, Supriadi Supriadi, Eka Junaidi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).