Penerapan Levels of Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Koloid
PENERAPAN LEVELS OF INQUIRY
DOI:
10.29303/cep.v6i2.5539Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi NovemberKeywords:
Levels of inquiry, keterampilan proses sains, keterampilan dasar, keterampilan terpaduArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Ilmu kimia berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, pembelajaran kimia pada umumnya hanya menyampaikan materi dan melakukan eksperimen untuk beberapa materi. Metode pembelajaran kimia menekankan pada pemberian pengalaman langsung dan peserta didik dilatih untuk menemukan konsep secara mandiri sehingga dapat memahami keterampilan proses sains. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan levels of inquiry apakah dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik. Prosedur pengumpulan data ada tiga yaitu pengamatan oleh observer untuk mengamati langkah-langkah pembelajaran, instrumennya berupa lembar pengamatan kinerja guru, keterampilan proses sains dinilai menggunakan hasil lembar kerja peserta didik dan penilaian sikap peserta didik menggunakan lembar penilaian diri dengan skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan penguasaan keterampilan proses sains pada peserta didik, siklus I nilai rata-rata keterampilan proses sains adalah 74 dan jumlah peserta didik tuntas 60%. Siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata mencapai 83, jumlah peserta didik tuntas mencapai 86 %. Pencapaian nilai sikap selama pembelajaran adalah 82. Penerapan levels of inquiry dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada peserta didik yang berupa keterampilan mengamati, mengelompokkan, menafsirkan, meramalkan, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat/bahan, menerapkan konsep dan berkomunikasi.
References
Arief, M. K. (2015). Penerapan Levels of Inquiry Pada Pembelajaran Ipa Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Edusentris, 2(2), 166. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i2.169
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Bumi Aksara.
Hartanto, S., & Purwanto, S. (2019). Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Hartini, R. I. P. (2017). Penggunaan Levels of Inquiry Dalam Meningkatkan Keterampilan. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(1), 19–24.
Lati, W., Supasorn, S., & Promarak, V. (2012). Enhancement of Learning Achievement and Integrated Science Process Skills Using Science Inquiry Learning Activities of Chemical Reaction Rates. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46, 4471–4475. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.279
Muhammad, H. (2017). Panduan Penilaian Oleh Pendidik Dan Satuan Pendidikan. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Muliyani, R., Kurniawan, Y., & Sandra, D. A. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Terpadu Siswa melalui Implementasi Levels of Inquiry (LoI). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 81. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1904
Nufus, S. H., & Gani, A. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Kimia Sma. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 44–51.
Rokhmadi, Mokh. A. (2019). Penerapan Metode Reward untuk Meningkatkan Hasil Belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan dengan Materi Peluang Usaha. Journal of Education Action Research, 3(4), 418. https://doi.org/10.23887/jear.v3i4.22333
Rustaman, N., Dirdjosoemarto, Yudianto, Achmad, & Subekti. (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi, Cetakan 1. Universitas Negeri Malang Press.
Wenning, C. J. (2011). Experimental Inquiry in introductory physics courses. Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 2–8.
Wenning, C. J., & Khan, A. (2011). Levels of Inquiry Model of Science Teaching : Learning sequences to lesson plans. Journal of Physics Teacher Education Online, 6(2), 17–20.
Widaad, D. M., Haenilah, E. Y., & Sofia, A. (2019). Pembelajaran Berbantuan ICT Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak. The Mathematical Gazette, 5(1), 298–305. https://doi.org/10.2307/3615019
Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains Daring. 9(3), 378–385.
Author Biography
Yunita Riskayanti, SMA Negeri 1 Seteluk
License
Copyright (c) 2023 Yunita Riskayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).