Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Senyawa Hidrokarbon
Development Of Chemistry E-Module Based On Scoence Process Skills On Hydrocarbon Compound Materials
Authors
Sitinurlaela Wasthi , Burhanuddin Burhanuddin , I Nyoman Loka , Baiq Fara Dwirani SofiaDOI:
10.29303/cep.v6i2.5535Published:
2023-11-30Issue:
Vol. 6 No. 2 (2023): Edisi NovemberKeywords:
Pengembangan, E-modul, Keterampilan Proses Sains, Senyawa HidrokarbonArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan untuk menentukan validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis keterampilan proses sains pada materi senyawa hidrokarbon. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D (research and development) model 4D. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah validator dan siswa. Validator yakni terdiri dari 2 orang dosen pendidikan kimia Universitas Mataram dan 1 guru kimia SMAN 1 Aikmel sebagai subjek pada uji validitas produk e-modul dan validitas instrumen. Sedangkan kelas XII IPA 3 berjumlah 30 siswa sebagai subjek pada validitas empiris dan kelas XI IPA 3 berjumlah 36 siswa sebagai subjek pada uji kepraktisan dan uji keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas yang diperoleh menggunakan formula Aiken’s V adalah 0,83 termasuk kategori sangat valid dengan Percentage of Agreement (R) yaitu 86%. E-modul berbasis keterampilan proses sains yang telah dikembangkan memiliki tingkat kepraktisan dengan nilai rata-rata persentase sebesar 80% dan termasuk kategori praktis. Keefektifan e-modul berbasis keterampilan proses sains dapat dilihat berdasarkan nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh selama melakukan uji coba terbatas adalah 0,6 termasuk dalam kategori sedang dengan persentase 65%. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan, bahwa e-modul berbasis keterampilan proses sains cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik pada materi senyawa hidrokarbon.
References
Ardhiantari, W., Fadiawati, N., dan Kadaritna, N., 2015. Pengembangan LKS Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(1), 312-323.
Arikunto, S., 2010. Metode Penelitian: Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arywiantari, D., Agung, A. A.G., dan Tastra, D. K., 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D pada Pembelajaran IPA Di SMP Negeri 3 Singaraja. E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha. 3(1), 1-12.
Asmiyunda., Guspatni., dan Azra, F., 2018. Pengembangan E-modul Keseimbangan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan. 2(2), 155-161.
Azwar, S., 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Borich, G. D., 1994. Observation Skill for Effective Teaching. New York: Mac Millian Publishing Company.
Cecep, K., dan Bambang, S., 2013. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia. Tersedia (online)
http://previewaplikasi.com/perpustakaan/opac/detail-opac?id=235 [diakses pada 24 juli 2023].
Daryanto, 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media. Tersedia (online)
https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=989414 [ Diakses pada 13 Mei 2023].
Dimyati, M., 2006. Belajar dan Pembelajaran Cetakan Ke II. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Febriana, F. D., dan Sakti, N. C., 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual sebagai Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh Kelas X IPS. Jurnal PROFIT. 8(1). 47-58.
Iswandari, S. N., Copriady, J., Noer, A. M., dan Albeta, S. W., 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis Moodle pada Materi Hidrokarbon. Edusains. 12(1), 81-88.
Idrus, M., 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.
Jahro, I. S., dan Susilawati., 2009. Analisis Penerapan Metode Praktikum pada Pembelajaran Ilmu Kimia di Sekolah Menengah Atas. Medan: Digilib Unimed.
Khairinal., Suratno., dan Aftiani, R. Y., 2021. Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(1), 458-470.
Kolin, F. A. M., Priyayi, D. F., dan Hastuti, S. P., 2018. Pengembangan Modul Berbasis Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Materi Sistem Organisasi Kehidupan Tingkat Sel. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 1(2), 163-176.
Laili, I., Ganefri., dan Usmeldi. 2019. Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Materi Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 3(3), 306-315.
Lumbantoruan, A., Muhaimin., dan Purwaningsih, S., 2022. Pengembangan E-Modul Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Sekolah Menengah Atas Sebagai Upaya Dalam Melatih Keterampilan Proses Sains. Jurnal Kajian Pendidikan Sains. 8(2), 99-111.
Matondang, Z., 2009. Validitas dan Realibilitas suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED. 6(1), 87-97.
Mayanty, S., Astra, I. M., dan Rustana C. E., 2018. Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Quantum: Pend Fisika UAD.
Maydiantoro, A., 2021. Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Lampung: FKIP Universitas Lampung. Tersedia (online) http://repository.lppm.unila.ac.id/34333/1/ModelModel%20Penelitian%20dan%20Pengembangan.pdf [diakses pada 5 April 2023].
Mendera, G. I., 2020. Modul pembelajaran SMA Kimia. Palembang: SMA Plus Negeri 17 Palembang.
Milala, H. F., Endryansyah., Joko., dan Agung, A. I., 2022. Keefektifan dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 11(02), 195-202.
Mulyasa, 2010. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Priyanthi, K. A., Agustini, K., dan Santyadiputra, G. S., 2017. Pengembangan E-modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). KARMAPATI. 6(1), 40-49.
Purwanto, N., 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Posdakarya.
Rahmat, R., dan Irfan, D., 2019. Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar di SMK. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika. 7(1), 48-53.
Retnawati, H., 2016. Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Riduwan, 2017. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rustaman, N. Y., 2017. Strategi Belajar Mengajar Biologi Cetakan I. Malang: Universitas Negeri Malang Press.
Sajidan dan Afandi., 2017. Pembentukan Karakter dan Pemberdayaan KPS Berfikir Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inovatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains II, Fakultas Biologi UKSW, Salatiga. ISBN 978-602-61913-0-4. Tersedia (online)
https://repository.uksw.edu/handle/123456789/11796 [Diakses pada 30 Maret 2023]
Saputro, P. A., dan Lumbantoruan, J. H., 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Articulate Storyline pada Materi Bangun Ruang Sisi Data Kelas VIII. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains. 1(1), 35-49.
Siska, M., Kurnia dan Sunarya, Y., 2013. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA melalui Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1(1). 479-492.
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., dan Muladi, Y., 2013.Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. INVOTEC. IX(2), 101-116.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukmadinata, N. S., 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryani, N., Setiawan, A., dan Putria, A., 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Surakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Suryaningsih, Y., 2017. Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Education. 2(2). 49-57.
Syamsurizal, Haryanto, dan Chairani, N., 2015. Pengembangan E-modul Berbasis Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kesetimbangan Kimia untuk Tingkat SMA. Prosiding SEMIRATA.
Trianto, 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. PT Bumi Aksara. Tersedia (online) https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=711793[diakses pada 24 Juli 2023].
Ulumudin, I., Mahdiansyah., Joko, B. S., 2017. Kajian Buku Teks dan Pengayaan: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2003 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang Kemdikbud.
Umiyati, N., 2016. Kimia Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam untuk SMA/MA Kelas XI. Surakarta: CV Mediatama.
Wibowo, T., dan Ariyatun, 2018. Penerapan Pembelajaran Berorientasi Chemoentrepreneurship (CEP) Terhadap Kreativitas Siswa SMA Modern Pondok Selamat pada Materi Kelarutan dan Ksp. Jurnal Tadris Kimiya. 3(1), 62-72.
Widodo, C. S., dan Jasmadi, 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Tersedia (online) https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=458722 [Diakses pada 24 Juli 2023].
Zakirman dan Hidayati, 2017. Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 6(1): 85-93.
Zeidan, A. H., dan Jayosi, M.R., 2014. Sciense Process Skills and Attidues Toward Science among Palestinian Secondary School Students. World Journal of Education. 5(1), 13-24. https://doi:10.5430/wje.v5n1p13.
License
Copyright (c) 2023 sitinurlaela wasthi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).