Analisis Media Pembelajaran PhET Simulations Berbasis Laboratorium Virtual Terhadap Minat Belajar Kimia Selama Masa Pandemi COVID-19
DOI:
10.29303/cep.v5i2.3062Published:
2022-11-30Issue:
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi NovemberKeywords:
Minat Belajar, PhET Simulations, Media Pembelajaran.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui minat belajar kimia siswa menggunakan media pembelajaran PhET Simulations selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian dalam ini adalah siswa kelas XII IPA SMAN 2 Selong yang terbagi menjadi 5 kelas. Sedangkan sampelnya adalah 68 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data diambil melalui angket minat belajar siswa menggunakan media PhET Simulations yang terdiri dari 4 indikator penilaian, yaitu: 1) perasaan senang; 2) ketertarikan; 3) perhatian; 4) keterlibatan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Rasch (Analisis Peta Wright dan Measure DIF) dan uji statistik deskriptif. Hasil analisis peta wright menunjukkan nilai abilitas siswa yang tinggi. Kurva measure DIF menunjukkan perbedaan minat belajar kimia siswa berdasarkan gender. Siswa laki-laki memiliki minat belajar kimia yang lebih tinggi daripada siswa perempuan. Hasil ini didukung dengan perhitungan menggunakan uji persentase, persentase minat belajar laki-laki sebesar 81,55% dan perempuan sebesar 78,46%. Hasil penelitian diukur menggunakan uji persentase dengan rata-rata persentase sebesar 79,60% dalam kategori baik. Rata-rata hasil uji persentase tiap indikator yaitu 1) indikator perasaan senang sebesar 83%; 2) indikator ketertarikan sebesar 76%; 3) indikator perhatian sebesar 80%; 4) indikator keterlibatan sebesar 81%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media PhET Simulations ini baik digunakan sebagai alternatif media pembelajaran berbasis laboratorium virtual untuk meningkatkan minat belajar selama masa pandemi COVID-19.References
Al-parisi, S. M. (2018). Pengaruh Simulasi Komputer PhET Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI MA NW Perian (Skripsi). Universitas Mataram, Mataram.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendeketan Praktek (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Dewa, E., Mukin, M. U. J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 351-359. https://doi.org/ 10.36765/jartika.v3i2.269.
Finkelstein, et al. (2006). Hightech Tools for Teaching Physics: The Physics Education Technology Project. Merlot Journal of Learning and Teaching, 2(3), 1-20.
Hidayat, R., Hakim, L., & Lia, L. (2019). Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media PhET Simulations Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2), 97-104. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900
Khoiriyah, I., Rosidin, U. & Suana, W. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Menggunakan Phet Simulation dan Kit Optika Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(5), 97-107.
Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(3), 1ââ¬â8.
Muzana, S. R., & Astuti, D. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis PhET Simulations untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Inti pada Siswa SMA. Semdi Unaya, November, 409ââ¬â417.
Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus : Perguruan Tinggi di Kota Palembang). Jurnal Jatisi, 3(2), 104-115.
Ramadani, E. M., & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab PhET pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA : Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 8(1), 87ââ¬â92.
Safari. (2003). Indikator Minat Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sari, P. I., & Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. The implementa. 2(4), 176ââ¬â182.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232ââ¬â243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142.
Author Biographies
Siti Nurul Yaqutu Burhani, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Saprizal Hadisaputra, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
Burhanuddin Burhanuddin, Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP, Universitas Mataram
License
Copyright (c) 2022 Siti Nurul Yaqutu Burhani, Aliefman Hakim, Saprizal Hadisaputra, Burhanuddin Burhanuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).