Hubungan Antara Kemampuan Bertanya dengan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Asam Basa
DOI:
10.29303/cep.v6i1.3739Published:
2023-05-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023Keywords:
kemampuan bertanya, keterampilan berpikir kritis, asam basaArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan antara kemampuan bertanya dengan keterampilan berpikir kritis materi pokok asam basa pada siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Sakra. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif ex-post facto. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket kemampuan bertanya dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik infrensial dan analisis statistik deskrif. Hasil analisis statistik infrensial menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Uji asumsi digunakan uji normalitas data dan uji linieritas data. Hasil penelitian uji hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment menunjukan nilai rxy yaitu 0,271, koefisien determinasi sebesar 7,33%, dan thitung = 2,142 > ttabel 2,001. Hal tersebut menunjukan Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan bertanya dengan keterampilan berpikir kritis pada kelas XII MIPA SMAN 1 Sakra dengan kategori rendah. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa ketercapaian hasil belajar untuk kemampuan bertanya dengan nilai rata-rata 67,3 termasuk kategori cukup dan keterampilan berpikir kritis dengan nilai rata-rata 66,1 termasuk ke dalam kategori baik.
References
Amin, A.M., Corembima, A.D., Siti Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2017). Identifikasi Kemampuan Bertanya dan Berpendapat Calon Guru Biologi pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan. Jurnal Bioedukasi. Vol. 17. No. 1: 25-27.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinekacipta.
Idris, T. (2018). Profil Berfikir Kritis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Se-Kota Pekanbaru. Jurnal Bioedusiana. Vol. 3. No. 1:2.
Kusmaningtyas, P., Oktafiani, R., Nurhadi, M., & Sulistyaningwarni, S. (2020). Pengaruh Sosiosaintifik dalam Model Discovery Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asan Basa. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 4. No. 1:66-67.
Meylinda, F. (2018). Kemampuan Bertanya Mahasiswa Calon Guru SD dalam Diskusi Ilmiah pada Mata Kuliah Teaching Science. Jurnal Pena Karakter. Vol. 1. No. 1: 56.
Nabila, H., Rosilawati, I., & Kadaritna, N. (2018). Efektivitas Problem Solving Materi Asam-Basa dalam Meningkatkan HOTS Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. Vol. 7. No. 2: 2.
Ramdani, D & Badriah L. (2018). Korelasi antara Kemampuan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning pada Materi Sistem Respirasi Manusia. Jurnal Bio Education.Vol.3. No. 2:37-44.
Setyawati, D.U., Febrilia, B.R.A., & Nissa, I.C. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Didaktik Matematika. Vol. 7. No. 1:91-92.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Suparya, I.K. (2020). Peningkatan Motivasi & Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Edmodo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. Vol. 7. No. 1:P-Issn 2355-5106/ E-Issn 2620-6641.
Zahranie, M., Andayani, Y., & Loka, I.N. (2020). Hubungan Keaktifan Bertanya dengan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMA/MA Se-Kecamatan Narmada Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Chemistry Education Practice. Vol. 3. No. 1:6-11.
Author Biographies
Baiq Muliati, Universitas Mataram
I Nyoman Loka, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Aliefman Hakim, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
Baiq Fara Dwirani Sofia, Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Mataram. Mataram, Indonesia
License
Copyright (c) 2023 Baiq Muliati, I Nyoman Loka, Aliefman Hakim, Baiq Fara Dwirani Sofia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).