Pengembangan Modul Praktikum Virtual Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Asam Basa
Authors
Humaira Dira Uzani , Syarifa Wahida Al Idrus , Yunita Arian Sani AnwarDOI:
10.29303/cep.v6i1.4262Published:
2023-05-31Issue:
Vol. 6 No. 1 (2023): Edisi Mei 2023Keywords:
Pengembangan, Modul, Praktikum VirtualArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk mengetahui validitas dan kepraktisan dari modul praktikum virtual berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi asam basa yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu model 4D dari Thiagarajan yang dibatasi oleh 3 tahap yaitu Define, Design, dan Development. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 5 di SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini diambil dalam satu kelas sebagai subjek uji coba produk pengembangan dengan jumlah 24 orang siswa dari kelas XII IPA 5 tahun ajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai validitas dari lima orang validator yang diperoleh dengan menggunakan indeks Aiken adalah V = 0,75 yang menunjukkan bahwa modul praktikum virtual berbasis keterampilan berpikir kritis materi asam basa telah valid dan layak digunakan. Selain itu, praktikalitas dapat diketahui dari respon siswa yang menunjukkan respon positif dengan rata-rata praktikalitas semua komponen modul sebesar 81.25 %. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa modul praktikum virtual berbasis keterampilan berpikir kritis pada materi asam basa yang dikembangkan bersifat layak dan praktis sehingga dapat digunakan pada proses pembelajaran.
References
Alfiriani, A., & Hutabri, E. (2017). Kepraktisan Dan Keefektifan Modul Pembelajaran Bilingual Berbasis Komputer. Jurnal Kependidikan, 1(1), 12–23.
Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25. Https://Doi.Org/10.33394/Hjkk.V7i1.1653
Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamromi, Z. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Zonasi. Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan, 1–87.
Astuti, R. T. (2022). Inovasi Pembelajaran Kimia Pasca Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia 2022, 1(1), 6–14. Diambil Dari Http://Proceedings.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Snpk/Article/View/48/45
Borich, G. D. (1994). Observation Skills For Effective Teaching. New York.
Darmawan, E. Y. N. I. R. H. R. (2021). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Magelang: Pustaka Rumah Cinta.
Daryanto. (2013). Menyusun Modul: Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Hasanati, A., Supriana, E., & Mufti, N. (2021). Kelayakan Dan Pengaruh Modul Digital Usaha Dan Energi Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan, 6(11), 1687–1694.
Hofstein, A., & Lunetta, V. N. (2004). The Laboratory In Science Education: Foundations For The Twenty-First Century. Science Education, 88(1), 28–54. Https://Doi.Org/10.1002/Sce.10106
Hudha, A. M. (2011). Analisis Pengelolaan Praktikum Biologi Di Laboratorium Biologi Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan, 1(1), 37–51.
Istiqomah, Sugiarti, & Wijaya, M. (2019). Perbandingan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Direct Instruction. Chemistry Education Review, 3(1), 1–23.
Karyanti, R. D. Y. B. R. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains Dan Prestasi Belajar Pada Materi Asam Basa Kelas Xi Sman 1 Kibang. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan, 4(2).
Kembdikbud. (2021). Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Jelajahi Laboratorium Dan Pustaka Maya. Diambil 24 Mei 2022, Dari Https://Www.Kemdikbud.Go.Id/Main/Blog/2021/08/Kemendikbudristek-Ajak-Masyarakat-Jelajahi-Laboratorium-Dan-Pustaka-Maya
Kimia Kolektif. (N.D.). Diambil 24 Mei 2022, Dari Https://Chemcollective.Org/About_Us/Introduction
Kusuma, B. F. R., Hakim, A., Anwar, Y. A. S., & Junaidi, E. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Mandiri Terintegrasi Green Chemistry Pada Pokok Bahasan Asam Basa. Chemistry Education Practice, 4(3), 250–255. Https://Doi.Org/10.29303/Cep.V4i3.2701
Nasrah, Jasruddin, & Tawil, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendekatancontexstual Teaching And Learning (CTL) Untuk Memotivasi Danmeningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas VIIISMP Negeri 1 Balocci Pangkep. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 235–248.
Rahmi, A., Helendra, H., Anaperta, M., & Husna, H. (2021). Pengenalan Modul Praktikum Elektronika Dasar Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fisika Di Sma Pgri 4 Padang. RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 26–32. Https://Doi.Org/10.22202/RANGKIANG.2021.V3I1.4744
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.
Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal Of Educational Science And Technology (EST), 3(2), 102. Https://Doi.Org/10.26858/Est.V3i2.3468
Sugihartini, N., & Jayanta, L. J. (2017). Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(2), 221–230. Https://Doi.Org/10.23887/Jptk-Undiksha.V14i2.11830
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/R&D). (S. Y. Suryandari, Ed.). Bandung: Alfabeta.
Ulumudin, I., Mahdiansyah, & Suwardi Joko, B. (2017). Kelengkapan Dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud. Diambil Dari Https://Litbang.Kemdikbud.Go.Id
Yunita, S., Rohiat, S., & Amir, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswakelas Xi Ipa Sman 1 Kepahiang. Alotrop, 2(1), 33–38. Https://Doi.Org/10.33369/Atp.V2i1.4628
Zakirman, Z., & Hidayati, H. (2017). Praktikalitas Media Video Dan Animasi Dalam Pembelajaran Fisika Di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 85–93. Https://Doi.Org/10.24042/Jpifalbiruni.V6i1.592
Zumronah, S., Firmansyah, R., & Zammi, M. (2019). Pengembangan Petunjuk Praktikum Kimia Berbasis Pogil (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Bermuatan Swh (Science Writing Heuristic) Pada Materi Stoikiometri Kelas X Di Ma Futuhiyyah 2 Mranggen Demak. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1), 77–86. Https://Doi.Org/10.21580/Phen.2019.9.1.3773
License
Copyright (c) 2023 Humaira Dira Uzani, Syarifa Wahida Al Idrus, Yunita Arian Sani Anwar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Chemistry Education Practice agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY-SA License). This license allows authors to use all articles, data sets, graphics, and appendices in data mining applications, search engines, web sites, blogs, and other platforms by providing an appropriate reference. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions and will retain publishing rights without restrictions.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Chemistry Education Practice.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).