PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TUTUP BOTOL ANGKA UNTUK OPTIMALISASI NUMERASI ANAK KELOMPOK A

Authors

Dea Aprilia , Baik Nilawati Astini , Baiq Nada Buahana

DOI:

10.29303/jmp.v5i2.10440

Published:

2025-10-16

Issue:

Vol. 5 No. 2 (2025): Agustus

Articles

Downloads

How to Cite

Aprilia, D., Astini, B. N., & Buahana, B. N. (2025). PENGGUNAAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TUTUP BOTOL ANGKA UNTUK OPTIMALISASI NUMERASI ANAK KELOMPOK A. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(2), 152–158. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i2.10440

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan numerasi anak kelompok A dengan menggunakan alat permainan edukatif tutup botol angka untuk anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina Mataram. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart yang melibatkan 13 anak dilakukan dalam III siklus dimulai dari perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi/evaluasi. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah Teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukan bahwa permainan edukatif tutup botol angka yang semula pada prasiklus sebesar 67 % meningkat pada siklus I mencapai 72,3%, pada siklus II menjadi 73,9 % dan pada siklus III mencapai 89,2%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penggunaan Alat Permainan Edukatif Tutup Botol Angka dapat meningkatkan kemampuan numerasi anak kelompok A di TK Negeri Pembina Mataram.

Author Biographies

Dea Aprilia, Universitas Mataram

Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram

Baiq Nada Buahana, Universitas Mataram

License

Copyright (c) 2025 Dea Aprilia, Baik Nilawati Astini, Baiq Nada Buahana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).