Pemanfaatan Limbah Organik untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B di TK Mutiara Hati

Authors

Riskia Dwi Lestari , Baik Nilawati Astini , Baiq Nada Buahana

DOI:

10.29303/jmp.v5i1.8657

Published:

2025-02-28

Issue:

Vol. 5 No. 1 (2025): Februari

Articles

Downloads

How to Cite

Lestari, R. D., Astini, B. N., & Buahana, B. N. (2025). Pemanfaatan Limbah Organik untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B di TK Mutiara Hati. Jurnal Mutiara Pendidikan, 5(1), 357–370. https://doi.org/10.29303/jmp.v5i1.8657

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini di latar belakangi oleh rendahnya kreativitas anak di TK Mutiara Hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak kelompok B melalui pemanfaatan limbah organik dengan metode mengecap daun. Subyek yang di gunakan yaitu kelompok B sebanyak 13 orang. Metode pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi hasil karya.Teknik analisis data di lakukan secara deskriptif kuantitatif. Penelitian ini di lakukan melalui 3 siklus dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,efleksi, dan observasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa pada siklus I pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B menggunakan daun sirih dengan perolehan ketuntasan persentase sebesar 21,14% dengan kategori sangat kurang (SK),selanjutnya pada siklus II memperoleh ketuntasan persentase sebesar 53,83% dengan kategori masih kurang (K) walaupun ada peningkatan dan pada siklus III perolehan ketuntasan persentase sebesar 82,64%, dengan kategori sangat baik (SB). Perolehan persentase pada siklus III membuktikan bahwa penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan yaitu kreativitas anak mengalami peningkatan kurang lebih 80%. Hal ini menyimpulkan bahwa kreativitas anak di TK Mutiara Hati meningkat dengan baik.

License

Copyright (c) 2025 Riskia Dwi Lestari, Baik Nilawati Astini, Baiq Nada Buahana

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>