IDENTIFIKASI KESIAPAN LEMBAGA DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI PAUD GUGUS II KECAMATAN PRINGGARATA TAHUN PELAJARAN 2023/2024
DOI:
10.29303/jmp.v4i3.7902Diterbitkan:
2024-10-29Terbitan:
Vol 4 No 3 (2024): OktoberArticles
Unduhan
Cara Mengutip
Unduhan
Metrik
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan perangkat pembelajaran dan pendukung pembelajaran dalam penerapan kurikulum merdeka di PAUD gugus II Kecamatan Pringgarata. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Lembaga PAUD (KB dan TK ) yang ada di kecamatan Pringgarata berjumlah 56 lembaga, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 12 lembaga dengan metode pengambilan sampel menggunakan metode nonprobability sampling. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, dengan Teknik analisis data berupa data kuantitatif deskriptif dari hasil lembar kuesioner. Berdasarkan hasil analisis data dari kesiapan perangkat pembelajaran dan pendukung pembelajaran yang terdiri dari ketersediaan kurikulum untuk penerapan kurikulum merdeka (KOSP) mendapat hasil 66%, ketersediaan modul ajar 100%, dan ketersediaan RPP 100%. Kesiapan pendukung pembelajaran di PAUD gugus II kecamatan Pringgarata sudah memiliki pendukung pembelajaran yang meliputi ketersediaan program sekolah untuk peningkatan kompetensi guru yang baik dengan persentase 100%, dari hasil rata-rata persentase data di atas menunjukkan bahwa kesiapan perangkat pembelajaran dan pendukung pembelajaran untuk penerapan kurikulum merdeka di PAUD Gugus II Kecamatan Pringgarata sudah siap.
Biografi Penulis
Nadia Fitriani, Universitas Mataram
I Nyoman Suarta, Universitas Mataram
Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nadia Fitriani, I Nyoman Suarta, Baik Nilawati Astini
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawahÃÂ Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya diÃÂ Jurnal Mutiara Pendidikan.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).