PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELOMPOK B DI PAUD SEMAI HARAPAN BANGSA TAHUN 2024

Penulis

Mertina , Fahruddin , Baik Nilawati Astini

DOI:

10.29303/jmp.v4i3.7907

Diterbitkan:

2024-10-29

Terbitan:

Vol 4 No 3 (2024): Oktober

Articles

Cara Mengutip

Mertina, Fahruddin, & Astini, B. N. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK KELOMPOK B DI PAUD SEMAI HARAPAN BANGSA TAHUN 2024. Jurnal Mutiara Pendidikan, 4(3), 155–167. https://doi.org/10.29303/jmp.v4i3.7907

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pop up book untuk meningkatkan kemampuan literasi anak kelompok B di PAUD Semai Harapan Bangsa Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE atau Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di PAUD Semai Harapan Bangsa. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B sebanyak 16 anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah media pop up  book untuk meningkatkan kemampuan literasi anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket lembar validasi. Instrumen penelitian berupa angket validasi oleh para ahli. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pop up book untuk meningkatkan kemampuan literasi anak mendapat presentase 97% dengan kategori sangat layak dari ahli media, presentase 95% dengan kategori sangat layak dari ahli materi, presentase 98% dengan kategori sangat layak dari validasi instrumen, presentase pada tahap I sebanyak 64,22% dengan kategori mulai berkembang, tahap II sebanyak 80,05% dengan kategori berkembang sesuai harapan dan tahap III sebanyak 87,10% dengan kategori berkembang sangat baik dari respons siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa media pop up book untuk meningkatkan kemampuan literasi anak sangat layak digunakan sebagai media belajar di kelompok B PAUD Semai Harapan Bangsa.

Biografi Penulis

Mertina, Universitas Mataram

Fahruddin, Universitas Mataram

Baik Nilawati Astini, Universitas Mataram

Lisensi

Hak Cipta (c) 2024 Mertina, Fahruddin, Baik Nilawati Astini

Creative Commons License

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal PAUD Unram setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution License 4.0 (Lisensi CC-BY). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Mutiara Pendidikan.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 3 4 > >>