Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kimia

Syamsul Hariadi, Mukhtar Haris, Eka Junaidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang lebih baik dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar kimia materi pokok termokimia pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 4 yang ditentukan melalui teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk kelas eksperimen (XI MIPA 4) dan model pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol (XI MIPA 2). Variabel terikatnya adalah hasil belajar kimia peserta didik dalam ranah kognitif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian pretest dan posttest dalam bentuk tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Gain uji-t dengan pengambilan keputusan didasarkan pada uji hipotesis dua pihak. Gain uji-t digunakan untuk menganalisis data hasil belajar kimia peserta didik, didapatkan thitung (4,95) > ttabel (1,67). Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia materi pokok termokimia pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Gerung.

 

Full Text:

PDF

References

Alsa, A. (2010). Pengaruh Model Belajar Jigsaw Terhadap Keterampilan Hubungan Interpersonal dan Kerjasama Kelompok pada Mahasiswa Fakultas Psikologi. Jurnal Psikologi, 37 (2): 165-175.

Arikunto, S. (2013). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Khusniyah, N., Retug, N., dan Redhana, I., W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw IV Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Jurnal Wahana Matematika dan Sains, 8 (1). 12-26.

Pebriana, L., Sukib, S., & Junaidi, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Chemistry Education Practice, 1(1), 6-12.

Priyanto. (2007). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw pada Pembelajaran Kimia Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darut Taqwa. Malang: Tesis.

Satuti, M., D. (2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Konsep Laju Reaksi. UIN Syarif Hidayatullah: Skripsi.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.

Siahaan, J. (2010). Dampak Penerapan Pendekatan Pembelajaran kooperatif Tipe Learning Together (TL) yang Dimodifikasi Dengan Berganti Peran Dan Peran Tetap Terhadap Hasil Belajar kimia Anorganik 1. Jurnal Pijar MIPA. 5 (2): 53-56.

Siahaan, J., Muti’ah, dan Dwirani, B., F., S. (2012). Upaya Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Akan Konsep-Konsep Kimia Dengan Penerapkan Paduan Metode Demonstrasi Dan Metode Kooperatif LT. Jurnal Pijar Mipa. 7 (1):1-42.

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Wijayanti, T., I. (2012). Model Pembelajaran Jigsaw Pada Pembelajaran Kimia Karbon Di Kelas X.I SMA Sang Timur Yogyakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Universitas Negeri Yogyakarta: Skripsi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.