Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Pembelajaran Kimia Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Mataram Tahun 2019

Hary Abdurrahman, Wildan Wildan, I Nyoman Loka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran kimia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMAN 7 Mataram tahun 2019. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimen dalam bentuk non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi semua siswa kelas XI MIA SMAN 7 Mataram. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional metode ceramah. Data menujukkan bahwa skor rata-rata kelas eksperimen = 69,72 lebih besar dari rata-tata kelas kontrol 62,17. Hal yang sama dengan median 67,6 lebih tinggi dibandingkan median kelas kontrol 58,3, sedangkan standar deviasi pada kelas eksperimen 7,494 lebih kecil dibanding standar deviasi kelas kontrol = 8,009 yang berarti kelas eksperimen lebih homogen daripada kelas kontrol. Hasil uji statistik pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (3,33) > ttabel (2,009). Berdasarkan hasil tersebut dapat dismpulkan bahwa perbedaan skor kedua kelompok bukan terjadi secara kebetulan, tetapi karena pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing.

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References

Irham., Indah, Wigati., dan Ayu, Pujiastuti. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Beroikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Materi Pengelolaan Lingkungan di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bioilmi 2(2).

John W. Santrock. Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Kencana, 2008),h.360

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Linda, Antika. 2017. Hubungan Antara Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Biologi Dengan Model Reading-Concept Map-Think Pair Share (REMAP TPS). Pendidikan IPA 3(2).

Sanjaya, Wina (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sudarmin., Adhitama, N., dan Parmin. 2015. Implementasi Quantum Learning berbantuan Mind Maping Worksheet untuk mengukur kemampuan komunikasi dan hasil belajar peserta didik. 4(3).

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supriadi, S., Wildan, W., & Laksmiwati, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Karakter Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 63-68.

Widodo, T & Kadarwati, S. 2013. High Order Thingking Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan 32(1), 161-170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.