Pengembagan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning- Inquiry Pada Pembelajaran Daring Berbantuan WhatsApp Dan Zoom Meeting Pada Materi Gerak Lurus

Penulis

Trisnawaty J. Buhungo , Darmansya A Mustapa , Asri Arbie

DOI:

10.29303/jpft.v7i2.3079

Diterbitkan:

2021-12-19

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2021): Juli-Desember

Kata Kunci:

Learning Tools, Team Based Learning, Inquiry Learning

Articles

Cara Mengutip

Buhungo, T. J., Mustapa, D. A., & Arbie, A. (2021). Pengembagan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning- Inquiry Pada Pembelajaran Daring Berbantuan WhatsApp Dan Zoom Meeting Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 7(2), 147–152. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.3079

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

This research was conducted at SMAN 1 Telaga Biru class X MIPA3. The purpose of this study is to produce quality learning tools using the Team Based Learning model to improve student learning outcomes in physics learning. This research uses a modified development model of the ten steps of Borg and Gall's research and development by Sukmadinata and colleagues which consists of three stages, namely preliminary studies, product development, and product testing and dissemination of results. The results showed that: 1) The overall validation of the learning tools was declared valid with a small revision, 2) The practicality of the learning devices was determined through the average percentage of learning implementation in four meetings reaching 97.22% with very good criteria and teacher and student responses through questionnaires. give a positive response. Based on the results of the study, it can be concluded that the Physics learning device using the Team Based Learning model has met the valid and practical criteria to increase student interest in learning and learning outcomes.

Referensi

Dwirahayu, Gelar. (2019). ââ¬ÅPenerapan Team Based Learning ( TBL ) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Statstik.ââ¬Â (November 2018).

Fauziyah, Dewi. (2004). ââ¬ÅPenerapan Strategi Pembelajaran Inquiry Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar.ââ¬Â : 49ââ¬â59.

KemenDikBud. (2020). ââ¬ÅPelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).ââ¬Â

Michaelsen, Larry K, Neil Davidson, dan Claire Howell Major. (2014). ââ¬ÅTeam-Based Learning Practices and Principles in Comparison With Cooperative Learning and Problem-Based Learning.ââ¬Â Journal on Excellence in College Teaching 25: 57ââ¬â84.

Nabila, Luthfannisa Afif, dan Nila Mareta. (2017). ââ¬ÅPengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Datar Berorientasi pada Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP.ââ¬Â Jurnal Pendidikan Matematika 6(7): 58ââ¬â72. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pmath/article/view/7887%0A.

Purnomo, Budi. (2014). ââ¬ÅJurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.14 No.2 Tahun 2014 Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Dengan Pendekatan Kontekstual Pada SMP Kelas IX Semester I Budi Purnomo 1.ââ¬Â Jurnal ilmiah Universitas Batanghari 14(2): 89ââ¬â96.

Rotgans, Jerome I, Preman Rajalingam, Michael A Ferenczi, dan Naomi Low-beer. (2019). ââ¬ÅA Students ââ¬â¢ Model of Team-based Learning.ââ¬Â Health Professions Education 5(4): 294ââ¬â302. http://dx.doi.org/10.1016/j.hpe.2018.10.003.

Sahidu, Hairunnisyah, Gunawan Gunawan, Joni Rokhmat, dan Satutik Rahayu. (2018). ââ¬ÅPengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berorientasi Pada Kreativitas Calon Guru.ââ¬Â Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 4(1): 1.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual. Jakarta: Cerdas Pustaka.

Wahyuni, Sri, Kosim Kosim, dan Gunawan Gunawan. (2018). ââ¬ÅPengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa.ââ¬Â Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi 4(2): 240.

Biografi Penulis

Trisnawaty J. Buhungo, Universitas Negeri Gorontalo

Darmansya A Mustapa, Universitas Negeri Gorontalo

Asri Arbie, Universitas Negeri Gorontalo

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.