Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa

Penulis

Baiq Ida Arianti , Hairunnisyah Sahidu , Ahmad Harjono , Gunawan Gunawan

DOI:

10.29303/jpft.v2i4.307

Diterbitkan:

2017-04-22

Terbitan:

Vol 2 No 4 (2016): Oktober

Kata Kunci:

Model Direct Instruction, Simulasi Virtual, Penguasaan Konsep

Articles

Cara Mengutip

Arianti, B. I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2017). Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 2(4), 159–163. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.307

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Praya. Sampel penelitian diperoleh siswa kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dianalisis dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%, dan diperoleh hasil thitung =2,54à dan ttabel = 2,02. Oleh karena thitung >ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa model direct instruction berbantuan simulasi virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika siswa

Referensi

Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Arends, R. 2008. Learning to Teach-Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2012. Model Pembelajran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Mujis, D. & Reynolds. D. 2008. Efeective Teaching Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gunawan., Setiawan. A. & Widyantoro, D.H. 2013. Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 20, No. 1: 25-32.

Dahar, R.W.. 2003. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Gelora Aksara Prima.

Laili, S.W.D. & Suliyanah. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung dengan Mengintegrasikan Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas X Semester II SMAN 1 Wonoayu. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 02, No. 03: 80-84.

Suhandi. A., Sinaga. I., Kaniawati. E. & Suhendi. 2009. Efektifitas Penggunaan Media Simulasi Virtual pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mengurangi Miskonsepsi. Jurnal Pendidikan Fisika FPMIPA UPI. Tersedia di. konsep fisika : http://repository.upi.ac.id/487/ (diakses tanggal 15 maret 2016).

Sumargo, E. & Yuanita. L. 2014. Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 3, No. 1 : 119-133.

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Artikel Serupa

<< < 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.