Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa

Putri Iman Sari, Gunawan Gunawan, Ahmad Harjono

Abstract

Discovery learning is a way of teaching that gives students the knowledge to construct a concept discovered through an experiment. The implementation of the experiment will be more effectively done by utilizing the media realized in computer technology, one of which uses virtual laboratory. This study aims to improve students' mastery of concepts of physics discovery aided by the application of learning virtual lab. The results showed that the increase in student mastery of concepts taught Using discovery learning assisted higher laboratoium more than the students who are not being treated. Mastery of concepts in each sub-material has increased significantly, except in the concept of electrical measuring instrument control group is superior to 1% compared to the experimental group.

Keywords

discovery learning, virtual laboratory, mastery of concepts.

Full Text:

PDF

References

Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Widiadnyana, I.W., Sadia, I.W., dan Suastra, I.W. 2014. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah IPA. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA. Volume 4.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., dan Margunayasa, I. G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2 Nomor 1.

Agustine, D. Wiyono, K., dan Muslim, M. 2014. Pengembangan E-Learning Berbantuan Virtual Laboratory untuk Mata Kuliah Praktikum Fisika Dasar II. Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNSRI. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika I (1): 33-42.

Bajpai, M dan Kumar, A. 2015. Effect of Virtual Laboratory on Students Conceptual Achievement in Physics.International Journal of Current Research. Vol 7, Issue 02, pp. 12808-12813, ISSN: 0975-833X.

Asril, Z. 2012. Micro Teaching: Disertai dengan Pedoman Pengalaman Lapangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Roestiyah, N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ilahi, M.T. 2012. Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.

Nur, M dan Wikandari, P.R. 2004. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP Unram Press.

Swandi, A. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual untuk Mengatasi Miskonsepsi pada Materi Fisika Inti di SMAN 1 Binamu, Jeneponto. Jurnal Fisika Indonesia. Volume: XVII, Nomor: 52, ISSN: 1410-2994.

Herga, N. R., Cagran, B., dan Dinevski, D. 2016. Virtual Laboratory in the Role of Dynamic Visualisation for Better Understanding of Chemistry in Primary School. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 12 (3) :593-608.

Gunawan, Harjono, A., dan Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume 1 No 1.

Dahar, R.W. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Silaban, B. 2014. Hubungan Antara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, Vol 20 No 1, hlm. 65-75.

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyosari, P. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Hermansyah, Gunawan, dan Herayanti, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual terhadap penguasaan konsep dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume 1 Nomor 2.

Sari, N., Darmadi, W. I., dan Saehana, S. 2015. Perbedaan Hasil Belajar Fisika antara Siswa yang Belajar melalui Model Pembelajaran Discovery berbantuan Simulasi Komputer dengan Model Konvensional di SMA Negeri 7 Palu.. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. Vol.3 No.4.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.