Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa

Widya Oktaviani, Gunawan Gunawan, Sutrio Sutrio

Abstract

This study aims to determine the influence of contextual physics teaching materials in an effort to improve the mastery of student concepts. This research is a type of research development (reseach and development). The population is all students of class XI IPA SMA Negeri 2 Mataram 2016/2017 school year amounted to 365 students. The sample was determined by purposive sampling technique so that it was obtained by class XI IPA 2 (38 students) as experimental class and class XI IPA 3 (40 students) as control class. The instrument used to measure conceptual mastery is a multiple-choice test. The results showed that the use of contextual teaching materials influential in improving the mastery of the concept of students.

Keywords

teaching materials; contextual physics; mastery of physics concepts

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunawan, G., Harjono, A., & Imran, I. (2016). Pengaruh Multimedia Interaktif dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(2), 118-125.

Komalasari, K. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.

Putu, S. 2012. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Semester 2 Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha. Vol 1 (2).1-24.

Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(1), 1212-1217.

Silaban, B. 2014. Hubungan Amtara Penguasaan Konsep Fisika dan Kreativitas dengan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Materi Pokok Listrik Statistik. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. Vol 20 (1).65-75.

Sujanem, R. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA di Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(2), 103-117.

Sundayana, R. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Tampubolon, R., Sahyar, dan Makmur, S. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. Vol 12 (2). 189-199.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.