Analysis of Student Response to the Utilizing of LMS in Applied Physics Course Post Covid-19 Pandemic

Penulis

Yunita Citra Dewi

DOI:

10.29303/jpft.v9i1.5245

Diterbitkan:

2023-06-29

Terbitan:

Vol 9 No 1 (2023): Januari - Juni

Kata Kunci:

Student Response, LMS, E-Learning, Post Pandemic, Covid-19

Articles

Cara Mengutip

Citra Dewi, Y. (2023). Analysis of Student Response to the Utilizing of LMS in Applied Physics Course Post Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 9(1), 191–196. https://doi.org/10.29303/jpft.v9i1.5245

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

A study on the analysis of student response to using POLBAN's LMS E-Learning in the Applied Physics course post the Covid-19 pandemic has been conducted. This research aims to determine the extent of student acceptance and enthusiasm in utilizing the LMS after face-to-face classes are reintroduced. The research is categorized as qualitative descriptive research. The research method involved distributing questionnaires to 107 students taking the Applied Physics course from the Chemical Analyst and Mechanical Engineering study programs at the Bandung State Polytechnic during the odd semester of the academic year 2022/2023. The questionnaire responses were processed by calculating the total average scores for each question. Based on the interval scale analysis of acceptance ratings, the research findings indicate that the level of student acceptance towards using E-Learning in the Applied Physics course posts during the Covid-19 pandemic falls under the " Accepted " category. It is evident from calculating the overall average score for all statements, which amounts to 403.17 points out of 535 points. Therefore, it can be concluded that utilizing LMS in face-to-face classes is still highly suitable as a support and companion for post-Covid-19 pandemic teaching.

Referensi

Akhmalia, N. L., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Efektivitas blended learning berbasis lms dengan model pembelajaran inkuiri pada materi fluida statis terhadap penguasaan konsep siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(2), 56-64. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i2.299

Anugerah, R. P., & Kusuma, W. A. (2021). Keefektivitasan Penggunaan Platform LMS Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh. J-ICON: Jurnal Komputer dan Informatika, 9(2), 127-132. DOI: https://doi.org/10.35508/jicon.v9i2.4319

Fitrah, A. (2022). Efektivitas Learning Management System Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 5(1), 219-226.

Gunawan, G., Purwoko, A. A. ., Ramdani, A., & Yustiqvar, M. (2021). Pembelajaran Menggunakan Learning Management Systemberbasis Moodle pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Teacher Education, 2(1), 226-235. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijte/article/view/696

Lumbantobing, S. S., Sianturi, M., Simbolon, S. A. V., Samaloisa, I. R. S., & Saleleubaja, E. S. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Fisika Di Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Santa Maria Della Strada Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 63-69. DOI: https://doi.org/10.33541/jmp.v11i2.4127

Sari, M. P. (2022). Pemanfaatan Platform E-Learning Dan Google Meet Pada Mata Kuliah Fisika Dasar, Berbasis Daring Di Masa Pandemik Covid-19 Untuk Meningkatkan Efektifitas Belajar Mahasiswa Fakultas Teknik Di Universitas Medan Area. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1).

Sukesti, R., & Sulisworo, D. (2021). Efektivitas sistem pembelajaran fisika berbasis google classroom untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 56-65. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.8024

Syukur, A. A. A. A., & Kusuma, W. A. (2021). Efektifitas Penggunaan Platform LMS UMM pada Pembelajaran Jarak Jauh Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Syntax Admiration, 2(9), 1595-1603. DOI: https://doi.org/10.46799/jsa.v2i9.300

Tampubolon, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Fisika Di Sman 1 Siborongborong. Prosiding SNITT POLTEKBA, 5, 326-333.

Yana, D., & Adam, A. (2019). Efektivitas penggunaan platform lms sebagai media pembelajaran berbasis blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal dimensi, 8(1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1816

Biografi Penulis

Yunita Citra Dewi, Politeknik Negeri Bandung

Lisensi

Hak Cipta (c) 2023 Yunita Citra Dewi

Creative Commons License

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.