Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Alat Peraga Tiga Dimensi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta didik Tahun Pelajaran 2017/2018

Pitriah Pitriah, Sutrio Sutrio, Muhammad Taufik

Abstract

This study aims to determine the effect of problem-based learning model with three dimensional figure toward physics learning outcome of students in grade  XI SMAN 1 Gerung. This type of research is quasi experiment with non-equivalent control group design, which sample using purposive sampling technique, so that obtained class XI MIPA 5 as experiment class and class XI MIPA 4 as control class. The instrument used is a multiple choice test of 25 questions that have been tested for validity, reliability, level of difficulty, and different power of problems. The learning data of the two classes is normally distributed and homogeneous. Technique of data analysis using the parametric statistic test formula t-test polled variance with a significant level 5 % and obtained. Based on the result, it can be concluded that there is the effect of treatment of problem based learning model with three dimensional figure toward physics learning outcome of students.

Keywords

Problem-based learning model; three dimensional figure; learning outcome

Full Text:

PDF

References

Af”idah, A, R., Erman.,& Budiyanto, M. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Korosi Besi Untuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bungah Gresik. Jurnal Pendidikan Sains, 1(1), 66-70.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Depok: Rajagrafindo Persada.

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. 2017. Berfikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Berbantuan LKPD. Journal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.

Gunada, I.W., & Hikmawati. 2013. Kajian Fisika SMA. Mataram: FKIP Press.

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1).

Helmi, F., Rokhmat, J. 2017. Pengaruh Pendekatan Berpikir Kausalitik Berscaffolding Tipe 2b Termodifikasi Berbantuan LKS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fluida Dinamis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 68-75.

Hermansyah, H., Gunawan, G., &Herayanti, L. 2015. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada materi getaran dan gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 97-102.

Hikmawati, H., Rokhmat, J., & Sutrio, S. 2018. Penyuluhan Pembuatan Media Tiga Dimensi dan Penerapannya Melalui Model Siklus Belajar 5E Pada Guru-Guru di MGMP Fisika Se-Lombok Barat. Jurnal Pendidikan dan pengabdian Masyarakat, 1(1).

Jiniarti, B. E., Sahidu, H., & Verawati, N. N. S. P. 2017. Implementasi Model Problem Based Learning Berbntuan Alat Perga Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 185-192.

Nurqomariah, N., Gunawan, G.,& Sutrio, S. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(3), 173-179.

Rachmawati, D., Sudarmin.,& Dewi, N. R. 2015. Efektivitas Problem Based Learning(PBL) Pada Tema Bunyi dan Pendengaran Berbantuan Alat Peraga Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 4(3).

Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinyadalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wulandari, B. & Surjono, H, D. 2013. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC DI SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.