Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Elastisitas Bahan

Penulis

Yunita Yunita , Yanti Sofi Makiyah

DOI:

10.29303/jpft.v7i2.2640

Diterbitkan:

2021-10-23

Terbitan:

Vol 7 No 2 (2021): Juli-Desember

Articles

Cara Mengutip

Yunita, Y., & Makiyah, Y. S. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Elastisitas Bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT), 7(2), 71–74. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2640

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Metrik

Metrik sedang dimuat ...

Abstrak

The purpose of this study was to determine the effectiveness of the group investigation type cooperative learning model in improving the science process skills of high school students in material elasticity. The research method used was quasi-experimental and the population used was class XI MIPA one of the public high schools in Tasikmalaya district and the sample used was class XI MIPA 4. The results of this study obtained an effect size value of 3.91 and categorized as high. The t-test of science process skills in students obtained tcount of 26.39 and ttable of 2.86 because tcount> ttable then Ho was rejected and Ha was accepted. Thus, it can be concluded that the group investigation type cooperative learning model was effective in improving the science process skills of high school students on the elasticity of the material.

Referensi

Irwan, N., & Sani, R. A. (2015). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Teamwork Skills Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1). https://doi.org/10.22611/jpf.v4i1.2567

Karamustafaoßlu, S. (2011). Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. International Journal of Physics & Chemistry Education, 3(1), 26ââ¬â38. https://doi.org/10.51724/ijpce.v3i1.99

Slavin, R. E. (1996). Research on cooperative learning and achievement: What we know, what we need to know. Contemporary Educational Psychology, 21(1), 43ââ¬â69. https://doi.org/10.1006/ceps.1996.0004

Ulfah, A., Sahputra, R., & Rasmawan, R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Koloid Di SMA. Program Studi Pendidikan Kimia Fkip Untan, 3ââ¬â6.

Wiratana, I. K., Sadia, I. W., & Suma, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Sains Siswa Smp. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3(2), 1ââ¬â12.

Biografi Penulis

Yunita Yunita, Universitas Siliwangi

Yanti Sofi Makiyah, Universitas Siliwangi

Pendidikan Fisika

Lisensi

Penulis yang menerbitkan Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT) setuju dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike License 4.0 (Lisensi CC-BY-SA). Lisensi ini memungkinkan penulis untuk menggunakan semua artikel, kumpulan data, grafik, dan lampiran dalam aplikasi penambangan data, mesin pencari, situs web, blog, dan platform lain dengan memberikan referensi yang sesuai. Jurnal memungkinkan penulis untuk memegang hak cipta tanpa batasan dan akan mempertahankan hak penerbitan tanpa batasan.
  2. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT).
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka).