Pengaruh Penerapan Metode Tutor Sebaya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis

Tuvi Noryanti, Zubaidah Amir MZ, Hayatun Nufus

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan penerapan metode tutor sebaya dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung terhadap kemampuan awal matematis pada siswa kelas VII SMP Negeri 32 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, teknik observasi, dan dokumentasi. Untuk melihat hasil penelitian tersebut digunakan rumus uji-t (test-t) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua jalur. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode tutor sebaya dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Kedua, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode tutor sebaya dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal matematis.
 

Keywords

Metode Tutor Sebaya, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal Matematis

Full Text:

PDF

References

Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti, Utari Sumarmo. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama

Herman Hudojo. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Surabaya: UM Press

Zubaidah Amir MZ, Wahyudin, Turmudi. 1st International Conference of Mathematics and Science Education (ICMSEd 2016). Metacognition Think Aloud Strategies In Setting Cooperative Think-Pair-Share/Square to Develop Students’ Math Problem Solving Ability. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). Volume 57. Atlantis Press

Zubaidah Amir MZ. (2014). Strategi Metakognitif: Suatu Kajian Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP-Uninus. ISBN: 978-602-7648-05-0

Risnawati. (2013). Keterampilan Belajar Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Zubaidah Amir. (2010). The Implementation of Mathematics Teaching with Open Ended Approach to UIN SUSKA RIAU Matematics Student’s Ability of Mathematical Creative Thinking. Proceedings of the International Seminar on Mathematics and Its Usage in Other Areas. ISBN. 978-979-1222-95-2

Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA

Leni Reziyusthika. (2017). Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Kuliah Aljabar Linear Mahasiswa Informatika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Volume 3 Nomor 2

Erman Suherman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: JICA UPI

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hisyam Zaini, dkk. (2012). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD

Muhibbin Syah. (2006). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dewi Purwaningrum dan Sumardi. (2016). Efek Strategi Pembelajaran ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPS. Jurnal Manajemen Pendidkan. Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana UMS. Volume 11 Nomor 2. ISSN: 1907- 4034

Karunia Eka Lestari & Muhammad Ridwan Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Iskandar Zulkarnain, dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Peer Lesson terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Kelas X. Jurnal Edumatica. Volume 3 Nomor 2

Sri Adi Widodo, Pardimin, dan Indriyti Eko Purwaningsih. (2015). Pengaruh Media Komik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VII, Jurnal Teknologi Pendidikan, Volume 1 Nomor 2 ISBN. 978-602-73403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.