Pembelajaran Kimia Berorientasi Discovery untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik

Mahdi Mahdi, Lalu Rudyat Telly Savalas, Aliefman Hakim

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran kimia yang berorientasipenemuanuntuk meningkatkanliterasi sainspeserta didik yang layak, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and development dengan mengadaptasi pengembangan perangkat modelempat-D dari Taigrajan, S. Semmel dan Semmel yang terdiri dari empat tahap pengembangan yaitu define, design dan development dan disseminate. Tahap define terdiri dari analisis masalah, peserta didik, analisis spesifikasi tujuan pembelajaran,indikator pembelajaran, analisis materi reaksi oksidasi reduksi dan tata nama senyawa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran penemuanmelalui observasi awal.Tahap design meliputi penyusunan silabus,rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja peserta didik, pemilihan media dan pemilihan formatdan instrumen penilaian untuk mengukur literasi sains peserta didik. Tahap development, berupa validasi oleh tim ahli dan uji coba perangkat pembelajaran. Tahap disseminatedengan disebarkan melalui jurnal.Variabel penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran kimia berorientasi pada penemuan sebagai variabel bebas dan literasi sains sebagai variabel terikat.Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sangat validPerangkat pembelajaran di uji coba lebih luas pada dua sekolahuntuk menguji kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran terhadap literasi sains peserta didik.Hasil analisis data menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat praktis dan sangat efektif.Analisis data menggunakan persamaan N-gain yang ternormalisasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran terbukti dapat meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi reaksi oksidasi reduksi dan tata nama senyawa.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran kimia berorientasi pada penemuandikategorikan sangat layak untuk diterapkan.

Keywords

Pembelajaran Penemuan; literasi sains; kimia

Full Text:

PDF

References

Istiana, G. A., Saputro, A. N. C., & Sukardjo, D. J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi belajar pokok bahasan larutan penyangga pada siswa kelas xi ipa Semester II sma negeri 1 ngemplak Tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 65-73.

. Nurgahaeni.A, Redhana.I.W, Kartawan.A.I.M. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia.Jurnal Pendididkan Kimia Indonesia Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 1(1). 23-24.

. Margiastuti, S. N., Parmin, P., & Pamelasari, S. D. (2015). Penerapan model guided inquiry terhadap sikap ilmiah dan pemahaman konsep siswa pada tema ekosistem. Unnes Science Education Journal, 4(3).

. Sumiadi R, Dwi Soelistya D.J., Jamaluddin. 2015. Pengembangan Perangkat Berbasis Pendekatan Saintifik Model Guided Discovery dan Efektifitasnya Terhadap Penguasan Konsep Biologi Siswa SMA Negeri 1 Bayan.Jurnal Pijar Mipa, 1(1).32.

. Rani N. 2017. The Retention of Learning Achievement in Natural Science with discovery learning Instructional Model (Preparing, Doing, Concluding) in Grade 8th at The Public Junior High School 2 of Umbulsari. Pancaran Pendidikan FKIP Universitas Jember. Vol. 6, No. 3, Page 118-125.

. Hilmi, N., Harjono, A., & Soeprianto, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Dengan Pendekatan Saintifik Dan Keterampilan Proses Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2).

. Nurhapsari, R. (2016). Karakteristik Pengembangan Model Pembelajaran PDC (Preparation, Doing, Conclussion) untuk Pembelajaran IPA di SMP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 4(5), 250-261.

Sani, R.A. 2014. Pembelajaran saintifik untuk implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

. Zakrah, Z., Lestari, N., & Kusmiyati, K. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2014/2015. Jurnal pijar MIPA, 10(2).

.Halim, S., Boleng, D. T., & Labulan, P. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Number Head Together Terhadap Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 14(1), 55-61.

. Sugiyono, 2018. Quantitative, Qualitative, and R & D Research Methods. Bandung: Alfabeta.

. Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute. Special Education, University of Minnesota.

. Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran (Vol. 91). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. Mustofa, A. (2017). Keefektifan LKS Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Pendidikan Sains, 5(1).

. Mahyaeny. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Discovery pada Mata pelajaran IPA Biologi Kelas VII-5 SMPN 4 Mataram.Jurnal Pijar Mipa, 11(1)

Luthfia, U.I & Sri Atun (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan TPACK untuk Meningkatkan Literasi Sains.Jurnal Tadris Kimiya, 2(1). 89.

. Setiadi, D. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Literasi Sains Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Sains Smp 2013. Jurnal Pijar Mipa, 9(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.