Penerapan Pembelajaran Kooperatif Terpadu NHT dan TSTS Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur

Mukhtar Haris, Muntari Muntari, I Nyoman Loka

Abstract

Pada tahun 2013 peneliti telah mengembangkan perangkat pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif terpadu Numbered Head Together (NHT) dan Two Stay Two Stray (TSTS). Hasil penelitian pada tahun 2013 di SMAN 7 Mataram dan  SMAN 3 Mataram menunjukkan bahwa: a) guru kimia belum pernah melakukan pembelajaran kooperatif dan hanya beberapa siswa yang aktif saat pembelajaran berlangsung, b)  lebih dari 50% siswa mengalami kesulitan belajar pada materi struktur atom, sistem periodik unsur, dan ikatan kimia. Pada tahun 2014, perangkat pembelajaran kimia tersebut diimplementasikan di kelas X guna mengetahui efektifitasnya. Hasil penelitian pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur adalah: a) pembelajaran pada kelas eksperimen belum menunjukkan hasil yang berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas X memahami konsep-konsep kimia. Rata-rata kesulitan belajarnya hampir sama yaitu sebesar 53,53% dan 55,15%, b)  kelas eksperimen memiliki kesulitan belajar lebih rendah daripada kelas kontrol pada 8 indikator dari 12 indikator pemahaman materi struktur atom dan sistem periodik unsur

Keywords

Pembelajaran kooperatif terpadu, NHT, TSTS, kesulitan belajar

Full Text:

PDF

References

Anwar, Y.A.S dan Haris, M., 2008, Mengatasi Kesalahan Konsep Stoikiometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Berkirim Salam dan Soal pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unram Tahun Akademik 2007/2008, Laporan Penelitian, FKIP Unram.

Arifin, M., 1995, Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia, Surabaya, Airlangga University Press.

Haris, M., Loka, I.N., dan Al-Idrus, S.W., 2006, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Bertukar Pasangan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ikatan Kimia Pokok Bahasan Ikatan Kovalen pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unram Tahun Pelajaran 2006/2007, Laporan Penelitian, FKIP Unram.

Haris, M. dan Al-Idrus, S.W., 2006, Analisis Kesalahan Konsep dan Tingkat Kesulitan Mahasiswa pada Konsep-Konsep Dasar Reaksi Kimia Anorganik: Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram, Laporan Penelitian, FKIP Unram.

Haris, M. dan Al-Idrus, S.W., 2007, Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pokok Bahasan Ikatan Kimia Ditinjau dari Kesalahan Konsep Siswa pada Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur: Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2007/2008, Laporan Penelitian, FKIP Unram.

Haris, M. dan Al-Idrus, S.W., 2007, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe DTDT (Dua Datang Dua Tinggal) dalam Mengatasi Kesalahan Konsep dan Kesulitan Mahasiswa pada Konsep-Konsep Dasar Reaksi Kimia Anorganik, Laporan Penelitian, FKIP Unram.

Haris, M., Loka, I.N., dan Al-Idrus, S.W., 2011. Membandingkan Kesulitan Belajar Struktur dan Tata Nama Senyawa Kompleks Sebelum dan Sesudah Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Unram, Laporan Penelitian, FKIP Unram.

Haris, M., Muntari, dan Loka, I.N. 2013. Pengembangan perangkat pembelajaran kimia dengan model pembelajaran kooperatif terpadu Numbered Head Together dan Two Stay Two Stray dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa kelas X SMA memahami konsep-konsep kimia. Laporan Penelitian. FKIP Unram.

Lie, Anita, 2003, Cooperative Learning, Jakarta, Grasindo.

Muntari, 2007, Perbandingan Hasil Pembelajaran Kimia dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif dan Pembelajaran Langsung pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Mataram, Laporan Penelitian, FKIP Unram.

Muntari, 2009, Pengaruh Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Kimia dengan Teknik Pathway terhadap Pemahaman Konseptual Algoritmik pada Siswa SMA dengan Kemampuan Matematika yang Berbeda. Laporan Penelitian, FKIP Unram

Refbacks

  • There are currently no refbacks.