Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kimia SMA

Izzatunnisa Izzatunnisa, Yayuk Andayani, Aliefman Hakim

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan LKPD berbasis pembelajaran penemuan pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan pengembangan LKPD secara teoritis; 2) kepraktisan penggunaan LKPD berbasis pembelajaran penemuan; dan 3) keefektifan penerapan LKPD berbasis pembelajaran penemuan. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu model Dick & Carey (analisis kebutuhan dan identifikasi tujuan umum, analisis pembelajaran, analisis pembelajar dan konteks, merumuskan tujuan khusus, mengembangkan instrumen penilaian, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, evaluasi formatif, melakukan revisi, serta evaluasi sumatif). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) LKPD berbasis pembelajaran penemuan pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dikarenakan telah memenuhi syarat kelayakan secara teoritis dengan persentase rata-rata LKPD sebesar 89,33% dan termasuk dalam kriteria sangat layak, 2) LKPD berbasis pembelajaran penemuan sangat praktis dan mudah digunakan oleh guru dan peserta didik dengan rata-rata respon sebesar 86,79% dan termasuk dalam kategori sangat baik atau praktis; dan 3) LKPD berbasis pembelajaran penemuan efektif meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik dengan skor N-gain sebesar 0,36 dan termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis pembelajaran penemuan layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit.

Keywords

LKPD, pembelajaran penemuan, elektrolit dan nonelektrolit

Full Text:

PDF

References

Aisyah. Dwiningsih, K. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berorientasi Literasi Sains Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Journal of Chemical Education, 6(2), 329-333

Dewi, P. S., Rochintaniawati, D. (2016). Kemampuan Proses Sains Siswa Melalui Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPA Terpadu Pada Tema Global Warming. EDUSAINS, 8(1), 19-26

Astuti, Y. K. (2016). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. 2(3B)

OECD. (2017). PISA 2015 Assessment and Analytical Framework. http://www.oecd.org diakses 7 Mei 2019

Nurhidayah, R., Irwandi, D., Saridewi, N. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-elektrolit. EDUSAINS, 7(1), 37-47

Handoko, A., Sajidan. Maridi. (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning (Part of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas XII IPA di SMA Negeri 1 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Inkuiri, 5(3), 144-154

Muttaqiin, A., Sopandi, W. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Dengan Sisipan Membaca Kritis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUSAINS, 8(1), 58-65

Qurniati, D., Andayani, Y., Muntari. (2015). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2)

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Grup

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., dan Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4

Mirnawati. Rusdiana, D. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Discovery untuk Mengembangkan Keterampilan Dasar Bekerja Ilmiah pada Materi Indera Penglihatan dan Alat Optik. EDUSAINS, 8(2), 136-144

Bahriah, E. S. (2015). Peningkatan Literasi Sains Calon Guru Kimia pada Aspek Konteks Aplikasi dan Proses Sains. EDUSAINS, 7(1), 11-17

Hartati, R. (2016). Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP melalui Penerapan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Terpadu. EDUSAINS, 8(1), 90-97

Rohmi, P. (2017). Peningkatan Domain Kompetensi dan Pengetahuan Siswa melalui Penerapan Levels of Inquiry dalam Pembelajaran IPA Terpadu. EDUSAINS, 9(1), 14-23

Wulandari, N., Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Aspek Pengetahuan dan Kompetensi Sains Siswa SMP pada Materi Kalor. EDUSAINS, 8(1), 66-73

Mustofa, A., Kuswanti, R., dan Hidayati, S. N. (2017). Keefektifan LKS Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. E-Jurnal Pensa, 5(1), 27-32

Qomaliyah, E. N., Sukib, S., & Loka, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Literasi Sains Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Pijar Mipa, 11(2)

Zakrah, Z., Lestari, N., & Kusmiyati, K. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2014/2015. Jurnal pijar MIPA, 10(2)

Ishak, M., Jekti, D. S. D., & Sridana, N. (2017). Pengaruh Penerapan Pendekatan Saintifik Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Dan Kooperatif Tipe Stad Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SDN 13 Ampenan. Jurnal Pijar Mipa, 12(1)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.