Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) pada Pembelajaran Kimia

Putri Rizca Mardeni, Johni Azmi, Roza Linda

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta didik (LKPD) Berbasis RMS pada Materi Stoikiometri yang valid berdasarkan aspek kelayakan isi, karakteristik RMS, kebahasaan, sajian dan kegrafisan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan proses pengembangan mengacu kepada model pengembangan 4-D. Objek penelitian ini adalah bahan ajar yaitu Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis RMS. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi yang diberikan kepada  tiga validator, dan dari hasil analisis data diperoleh validitas pada aspek kelayakan isi, karakteristik RMS, kebahasaan, sajian dan kegrafisan berturut-turut yaitu sebesar 95,24%, 95,83%, 98,33%, 97,92% dan 93,75% dengan kategori valid. LKPD yang telah valid menurut validator diujikan kepada 20 orang peserta didik dan mendapatkan hasil respon dengan persentase sebesar 92,71 % dengan kriteria sangat baik, serta oleh dua orang guru dan mendapatkan hasil respon dengan skor sebesar 3,5 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis RMS yang dihasilkan dinyatakan valid dan dapat digunakan pada mata pelajaran kimia SMA pada materi stoikiometri.

Keywords

chemistry; science education

References

A. Haris Watoni. 2014. Kimia Untuk SMA/MA Kelas XI (Peminatan). Yrama Widya. Bandung.

Ahmad Muhlisin, Herawati Susilo, Mohamad Amin, dan Fatchur Rohman. (2016). Improving Critical Thinking Skill of College Students Through RMS Model For Learning Basic In Science. Asia – Pacific on Science Learnng an Teaching, 17(1), 72-84. Universitas Malang. Malang

Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press. Yogyakarta.

Andi Supangat. 2014. Statistika: Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Nonparametrik. Prenadamedia Group. Jakarta

Eko Putro Widoyoko. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.

Yuni Yamasari. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS ISBN No. 979-545-0270-1. FMIPA UNESA. Surabaya

Refbacks

  • There are currently no refbacks.