Pengaruh penerapan praktikum berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar

Riska Dia Sapitri, Saprizal Hadisaputra, Eka Junaidi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode praktikum berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 3 Sumbawa Besar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian pre-test posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 3 Sumbawa Besar yang berjumlah 130 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 47 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket keterampilam literasi sains dan tes pilihan ganda. Data keterampilan literasi sains (pretest-posttest) dianalisis menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan keterampilan literasi sains siswa, diperoleh N-Gain kelas eksperimen berkategori sedang 37% dan kelas kontrol berkategori rendah 25%. Hasil uji hipotesis data N-Gain keterampilan literasi sains siswa menggunakan uji-t, diperoleh thitung sebesar 2,55 dan ttabel (probabilitas 5 %) sebesar 1,68, maka thitung >ttabel (2,55 > 1,68). Data hasil belajar (pretest-posttest) dianalisis menggunakan uji N-Gain untuk mengetahui peningkatan hasil siswa, diperoleh N-Gain kelas eksperimen berkategori sedang (31 %) dan kelas kontrol berkategori rendah (24 %). Hasil uji hipotesis data N-Gain hasil belajar siswa menggunakan uji-t, diperoleh thitung sebesar 1,69 dan ttabel (probabilitas 5 %) sebesar 1,68, maka thitung> ttabel (1,69 > 1,68). Berdasrkan hasil uji-t dapat disimpulkan bawah terdapat pengaruh metode praktikum berbasis kearifan lokal terhadap keterampilan literasi sains dan hasil belajar siswa.

Keywords

Praktikum berbasis kearifan lokal, keterampilan literasi sains, hasil belajar.

Full Text:

PDF

References

Aji P ,Bambang S, Suharto L, 2017. Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. No 2 Volume 3: 118-127.

Junaidi, E., Hadisaputra, S., Hakim, A., & Al Idrus, S. W. 2018. Kajian Pelaksanaan Praktikum Kimia Di Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Lombok Barat Indonesia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 13(1), 24-31.

Asmaningrum H. P. 2017. Analisis Kebutuhan Buku Suplemen Kimia Berbasis Kearifan Lokal Suku Asmat Papua. Prosiding Seminar Nasoinal Kimia dan Pembelajarannya. 681

Ridwan, N. A. 2007. Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Ibda-Jurnal studi Islam dan Budaya, 5(1), 27-38.

Chiappetta, E. L., David A. F., & Godrej H. S. 1991. A Method to Quantify Major Themes of Scientific Literacy in Science Textbooks. Journal Of Research In Science Teaching, 28(8): 713-725.

Wahyuni S. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. No. 1 Volume 2 Hal 1-7.

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Adisendjaja, Y.H. 2007. Analisis Buku Ajar Sains berdasarkan Literasi Ilmiah sebagai Dasar Untuk memilih Buku Ajar Sains (Biologi). Disampaikan dalam Seminar Pendidikan Nasional di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA. 25-26 Mei 2007. UPI.

Turiman, P., Omar, J., Daud, A.M., & Osman, K. 2011.Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills.Procedia - Social and Behavioral Sciences 59 (2012) 110 – 116

Hoolbrook & Rannikmae. 2009.The Meaning of Scientific Literacy.International Journal of Environmental & Science Education Vol. 4, No. 3, July 2009, 275-288.

OECD. 2000. Knowledge and Skills for Life: First Results from the OECD Programme for International Student Assessment (PISA) 2000. USA: OECD-PISA.

OECD. 2003. PISA 2009 Assessment Framework: Key Competencies in Reading, Mathematics, and Science. USA: OECD-PISA.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif R&D). Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nofiana M. 2018. Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi. No.1 Volume 9 Hal 24-25.

Ariningtyas A. 2017. Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education. No. 2 Volume 6 Hal 1

Purwanto. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Haris A. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA. Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya. No 3 Hal 40.

Sari A.V.D. 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Pancasakti Science Education Journal. No 2 Volume 2 Hal 114.

Pamungkas, A, Bambang S, Suharto L, 2017. Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. No 2 Volume 3: 118-127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.