Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar IPA Materi Sistem Ekskresi Berbasis Inkuiri Terhadap Peningkatan Literasi Sains

Fidiani Fidiantara, Kusmiyati Kusmiyati, I Wayan Merta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains pada materi Sistem Ekskresi siswa kelas VIII di MTsN 1 Mataram. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan menggunakan bahan ajar berbasis inkuiri. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan uji gain ternormalisasi dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan tingkat literasi sains siswa pada kelas VIII’1 sebagai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas VIII’2 sebagai kelas kontrol yaitu pada kelas VIII’1 memiliki skor gain ternormalisasi sebesar 0,70 sedangkan kelas VIII’2 memiliki skor gain ternormalisasi sebesar 0,56, dan penigkatan literasi sains siswa masuk dalam kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t menyatakan nilai thitung (3,26) > ttabel (1,67), yang berarti Ha diterima, sehingga penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri dapat meningkatkan literasi sains siswa. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri dapat meningkatkan literasi sains siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Mataram.

Keywords

Bahan Ajar; Inkuiri; Literasi Sains

Full Text:

PDF

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hake, R.R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Diaksesdari Indiana Education

Qomaliyah, E. N., Sukib, S., & Loka, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis literasi sains terhadap hasil belajar materi pokok larutan penyangga. Jurnal Pijar Mipa, 11(2).

Ikhsan, M., Sutarno, & Prayitno, B. A. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Sistem Gerak Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Wera Kabupaten Wera Nusa Tenggara Barat . Jurnal Inkuiri, 5 (1), 133-142.

Jufri, A. W., dan Hikmawati. (2014). Analisis Kemelekan Sains (Science Literacy) dan Kemelekan Inkuiri (Inquiry Literacy) Guru Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pijar MIPA, 9 (1), 9-14.

Jufri, A.W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains Modal Dasar Menjadi Guru Profesional. Bandung: Pustaka Rineka Cipta.

Priscylio, G., & Anwar, S. (2019). Integrasi Bahan Ajar IPA Menggunakan Model Robin Fogarty Untuk Proses Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pijar Mipa, 14(1), 1-12.

Hasanah, J., Jamaludin, J., & Prayitno, G. H. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terstruktur Untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik SMP. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 18-24.

Senjaharmini, D. A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2019). Efektivitas Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing (BAIPABIT) untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumen Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 55-59.

Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology And Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 74-78.

Yasmin, N., Ramdani, A., & Azizah, A. (2015). Pengaruh metode inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2013/2014. Jurnal pijar MIPA, 10(2).

Kurnia, F., Zulherman, & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1 (1), 43-47.

OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education . Paris: OECD Publishing.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sulun, Y., Yurttas, G. D., & Ekiz, S. O. (2009). Determination of Science Literacy Level of The Classroom Teachers (A Case of Mugla City in Turkey). Procedia Social and Behavioral Science I, 1 (1), 723-730.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.