Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis CCM-CCA Pada Materi Dinamika Partikel

Muh Makhrus, Wahyudi Wahyudi, Muhammad Taufik, Muhammad Zuhdi

Abstract

Kesalahan konsep sering didasarkan pada pengalaman pribadi dan sulit untuk berubah ke pemahaman konten ilmiahnya, bahkan setelah pembelajaran dirancang untuk menangani konten ilmiah di mana kesalahan konsep terjadi, banyak mahasiswa tidak merekonstruksi pemikirannya. Mahasiswa yang mampu merekonstruksi pengetahuan (perubahan konseptual) adalah yang menggunakan pemikiran kritis dan penalaran logis.  Konflik kognitif memiliki peran penting dalam terjadinya perubahan konseptual. Seorang pendidik yang dapat meyakinkan peserta didik bahwa konsepsi-konsepsi fisika yang dimiliki merupakan konsepsi yang salah (miskonsepsi), maka mahasiswa akan yakin bahwa dia membutuhkan perubahan konseptual. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran CCM CCA (Concetual Change Model with Cognitive Conflict Approach) sebagai suatu produk yang valid beserta instrumennya yang akan dapat memfasilitasi terjadinya perubahan konseptual pada mahasiswa. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan mencakup materi dinamika partikel yang terdiri dari hukum Newton dan Usaha-Energi dengan masing-masing materi memiliki 3 SAP dan 3 LKM. Validasi perangkat pembelajaran secara isi dan konstruk dilakukan dengan teknik FGD (Focused Group Discussions) oleh ahli (expert) di bidang pendidikan fisika. Hasil validasi perangkat pembelajaran menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran CCM-CCA yang dikembangkan layak (valid) digunakan pada pembelajaran fisika dasar dengan melakukan sedikit revisi berdasarkan saran/masukan dari peserta FGD.

 

Keywords

Perangkat pembelajaran, model pembelajaran CCM-CCA, dinamika partikel

References

Baser, M. (2006). Fostering conceptual change by cognitive conflict based instruction on students’ understanding of heat andtemperature concepts. Eurasia Journal of Mathematics, Science, and Technology Education, 2 (2), 96-14, July 2006.

Cakir, M. (2008). constructivist approaches to learning in science and their implications for science pedagogy: A literature review. International Journal of Environmental & Science Education, 3 (4), 193-206.

Chi, M.T.H. (2008). Three types of conceptual change: Belief revision, mental model transformation, and categorical shift. In S.Vosniadou (Ed.), Handbook of research on conceptual change (pp. 61-82). Hillsdale, NJ: Erlbaum.

Gall, M.D. & Borg. (2003). Educational Research. Boston: Pearson Education, Inc.

Hidayatullah, Z., Makhrus, M., & Gunada, I.W. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Gelombang Mekaanik melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, Volume 4 No. 2 , Desember 2018: 151-157.

Makhrus, M. (2018). Validitas Model Pembelajaran CCM CCA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, Volume 3, Nomor 1, Mei 2018: 62-66.

Makhrus, M. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran CCM CCA untuk Memfasilitasi Perubahan Konsep Gaya Pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi Volume 4 No.2, Desember 2018: 253-261.

Makhrus, M. (2018). Model Pembelajaran CCM CCA (Conceptual Change Model With Cognitive Conflict Approach). Mataram: Duta Pustaka Ilmu).

Nieveen, N. (1999). Prototyping to reach product quality. In Akker, J.V.D., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., and Plomp, T. (Eds.), Design Approaches and Toolsin Education and Training (pp. 125-135). Dordrecht, Netherlands: Springer.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.