Penerapan Model Eliciting Activities Untuk Meningkatkan Self Efficacy (Keyakinan Diri) Dan Hasil Belajar Peserta Didik

Rasmiwetti Rasmiwetti, Ega Fahreni, Jimmi Copriady

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran eliciting activities dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon di kelas XI SMAN 15 Pekanbaru. Penelitian merupakan jenis penelitian quasi exsperiment menggunakan rancangan randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMAN 15 Pekanbaru, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 dan MIA 3 SMAN 15 Pekanbaru. Pada penelitian ini digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas secara Liliefors yang bertujuan untuk melihat normalitas data, sedangkan uji homogenitas bertujuan menguji kesamaan varians dan uji kesamaan rata-rata dengan menggunakan uji F dan uji-t. Uji hipotesis untuk meningkatkan self efficacy (keyakinan diri) dan hasil belajar dihitung dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t adalah thitung > ttabel yaitu 19,75 > 1,67, dapat disimpulkan model eliciting activities dapat meningkatkan self efficacy. Sedangkan korelasi antara self efficacy (keyakinan diri) dengan hasil belajar dihitung menggunakan uji product moment. Penerapan model eliciting activities dapat meningkatkan self efficacy (keyakinan diri) dan hasil belajar. Nilai korelasi (r) nya adalah 0,8079 > 0,392, dapat disimpulkan terdapat korelasi positif yang sangat kuat antara self efficacy (keyakinan diri) dan hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon.

Keywords

Eliciting Activities Model, Self Efficacy, Student’s Achievements, Hydrocarbon.

Full Text:

PDF

References

Trianto, I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Chamberlin, S. A., & Moon, S. M. (2008). How does the problem based learning approach compare to the model-eliciting activity approach in mathematics. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 9(3), 78-105.

Dimyati, M. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamilton, E., Lesh, R., Lester, F. R. A. N. K., & Brilleslyper, M. (2008). Model-eliciting activities (MEAs) as a bridge between engineering education research and mathematics education research. Advances in Engineering Education, 1(2), n2.

Hanifah, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 191-198.

Noviandari, H., & Kawakib, J. (2016). Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 3(2), 76-86.

Jaenudin, U., & Hambali, A. (2015). Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia.

No, P. M. P. N. (23). Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Reflina, R. (2018). KAITAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN KEMAMPUAN SELF-EFFICACY SISWA. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).

Sudjana, N. (1995). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Bandung, R. D., & Fathoni, A. A. (2012). Alfabeta. Sujarweni, V dan Poly Endrayanto.

Setiadi, D. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Literasi Sains dan Implementasinya dalam Kurikulum Sains SMP 2013. Jurnal Pijar Mipa, 9(1).

Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015). Penerapan model eliciting activities untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence siswa SMA. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2).

Ernawati, T. (2016). Implementasi Scientific Approach Pada Outdoor Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPA. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.