Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA

Masayu Diska Prilliza, Nur Lestari, I Wayan Merta, I Putu Artayasa

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik di kelas VII SMP Negeri 14 Mataram semester genap tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif bersifat eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh kelas VII di SMP Negeri 14 Mataram yang terdiri dari 8 kelas dan berjumlah 255 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling sehingga terpilihlah 2 kelas. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan undian sehingga terpilih kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes hasil belajar ranah kognitif dan dianalisis menggunakan analisis kovarian (ANAKOVA). Nilai signifikansi pada nilai posttest terkoreksi nilai pretest adalah 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai pretest peserta didik dan model pembelajaran yang digunakan dapat mempengaruhi nilai posttest yang diperoleh peserta didik. Berdasarkan NGain-score yang diperoleh, nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 0,4747. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol yaitu 0,3747. Terdapat peningkatan hasil belajar yang lebih baik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dibandingkan dengan kelas yang menggunakan metode konvensional. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning efektif terhadap hasil belajar IPA peserta didik di kelas VII SMP Negeri 14 Mataram semester genap tahun ajaran 2018/2019.

Keywords

Discovery Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Indonesia, P. R. (2003). Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia.

Ningsyih, S., Junaidi, E., & Al Idrus, S. W. (2016). Pengaruh Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Fitri, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok suhu dan kalor. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 3(2).

Rahmalia, Y. (2014). Efektivitas Model Discovery Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Kompetensi Dasar Analisis Rangkaian Kemagnetan Di SMK 1 Pundong. Skripsi Tidak Dipublikasi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Lestari, W. (2017). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap hasil belajar matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Rosdiana, R., Boleng, D. T., & Susilo, S. Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Efektivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8).

Mahdi, M., Savalas, L. R. T., & Hakim, A. (2019). Pembelajaran Kimia Berorientasi Discovery untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 13-17.

Kharisma, V. S. (2016). Efektivitas model discovery learning dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA materi pokok Pesawat Sederhana di MI Tsamrotul Huda 01 Kecapi Jepara (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Izzatunnisa, I., Andayani, Y., & Hakim, A. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Pembelajaran Penemuan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Pada Materi Kimia SMA. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 49-54.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.

Kumape, S. (2015). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa tentang IPA di Kelas VI SD Inpres Palupi. Jurnal Kreatif Online, 4(4).

Widayati, A. (2004). Metode mengajar sebagai strategi dalam mencapai tujuan belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 3(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.