Pengembangan LKPD Aplikatif Integratif Berbasis Inquiri Terbimbing Pada Materi Kesetimbangan Kimia

Yendro Try Satura, Abdullah Abdullah, Radjawali Usman Rery

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mendesain Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang aplikatif integratif berbasis inquiri terbimbing pada materi kesetimbangan kimia untuk kelas XI SMA /MA sederajat. LKPD ini membantu peserta didik mengaitkan materi dengan fenomena alam ataupun kehidupan sehari hari dengan basis inquiri terbimbing.Penelitian ini dilakukan di SMA N 4 Pekanbaru dan SMA N 15 Pekanbaru.Sebelum diujikan kesekolah LKPD di dinilai kelayakan oleh tim validator. Kelayakan LKPD diujikan pada validator dengan intrument kelayakan yang sudah dirancang. Metodologi penelitian yang digunakan pendekatan  ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap penelitian ini adalah tahap penggalian potensi masalah dan perancangan. Skor rata rata validator menunjukkan hasil 93,5% yang berarti layak digunakan. Uji respon guru didapatkan hasil skor rata rata  89,5% dan uji respon peserta didik skor rata rata 90,25% yang berarti LKPD dapat digunakan dalam pembelajaran.

 

Keywords

Development, aplicative integrative, guided inquiry

Refbacks

  • There are currently no refbacks.