Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep IPA

Siti Fatimatuzzohrah, A Wahab Jufri, I Wayan Mertha

Abstract

Penguasaaan konsep IPA siswa SMPN 2 Kayangan masih tergolong rendah. Rendahnya penguasaan konsep IPA siswa disebabkan karena pembelajaran IPA cenderung masih berpusat pada guru (teacher centered learning). Solusinya adalah menggunakan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) yang mampu  meningkatkan penguasaan konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran POE (predict-observe-explain) dalam meningkatan penguasaan konsep IPA siswa kelas VII SMPN 2 Kayangan. Desain penelitian yang digunakan adalah Non Equivalence Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Kayangan tahun 2019. Pengambilan  sampel  dilakukan  dengan Purposive Sampling sehingga didapatkan kelas VII1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data yaitu tes penguasaan konsep berupa soal pilihan ganda. Model pembelajaran POE dan konvensional kedua-duanya dapat efektif meningkatkan penguasaan konsep IPA kelas VII di SMPN 2 Kayangan, akan tetapi peningkatan nilai rata-rata N-gain untuk kelas eksperimen yang menggunakan model POE lebih tinggi (0.8) dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional (0.6). 

Keywords

Model Pembelajaran POE, Penguasaan Konsep

Full Text:

PDF

References

Atriyanti, Y. dan Hadisaputro, S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran POE Untuk Meningkatkan Ketercapaian Kompetensi Dasar Siswa. Chemistry In Education. 4 (1): 2252-6978.

Crey, S. (1986). Cognitive Science and Science Education. American Psychologist. 41(10): 1123-1130.

Jannah, S.N., Doyan, A dan Harjono, A.(2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Problem Posing Ditinjau Dari Pengetahuan Awal Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMK. Journal Penelitian Pendidikan IPA. 2(1).

Joyce, C., & Predict, O. (2013). Explain (POE). 2006. Accessed online http://arb. nzcer. org. nz/strategies/poe. ph p.

Maesyarah., Jufri, A.W dan Kusmiyati. (2015). Analisis Penguasaan Konsep dan Miskonsepsi Biologi dengan Teknik Modification Certainity of Response Index pada Siswa SMP Se-Kota Sumbawa Besar. Jurnal Pijar MIPA.10 (1): 1-6.

Ndraka, T. (1985). Teori Metodologi Administrasi. Jakarta: Bina Aksara.

Nuramelia. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Permendiknas, (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Rahayu, S.A.T, Widodo dan Sudarmin. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model POE Berbantuan Media “I Am A Scientist”. Innovative Journal Of Curriculum And Educational Technology. 2(1): 129-133.

Rahayu, P. (2015). Penerapan Strategi POE (Predict-Observe-explain) Dengan Metode Learning Journals Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Proses Sains. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Susilawati, Susilawati dan Sridana, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Penguasaan Konsep Sains Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Journal Penelitian Pendidikan IPA. 1(2).

Wahyuni, S., Kosim dan Gunawan. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Eksperimen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. J. Pijar MIPA. 4(2).

Widyaningrum, R., Sarwanto dan Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi. 6 (1):100-117.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.